Antre, Puluhan Pelamar CPNS Pingsan

Antre, Puluhan Pelamar CPNS Pingsan

MUARA BUNGO - Pemandangan berbeda terlihat di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bungo (1/10) kemarin.Terlihat ribuan pelamar mendatangi Kantor BKD guna mengambil nomor tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sejak pukul  08.00 Wib, ribuan pelamar tersebut sudah mengantre di 3 loket yang disiapkan Panitia CPNS.
Kabid Mutasi BKD Bungo, H Ansori mengatakan, pihaknya melayani para pelamar dengan membuka 3 loket dan mengaku kewalahan menghadapi para pelamar dihari pertama. Namun demikian, pelamar cukup tertib dalam mengikuti antre. Panitia juga dibantu oleh pihak keamanan dari Polres Bungo, Polsek Kota Muara Bungo dan satuan polisi pramog praja.

“Kemarin kami minta bantuan kemanan dari polres dan pol PP masing-masing satu pleton,“ kata Ansori saat ditemui diruang kerjanya,kemarin.

Ketika ditanya mengenai pastinya jadwal ujian, Ansori menerangkan, hingga saat ini masih diperkirakan tanggal 13 Oktober mendatang. “13 Oktober la mungkin, tapi itu pun belum pasti, pokok nya pelamar lihat informasi nya dimedia cetak untuk jadwal pasti ujiannya, sebab tidak ada situs web untuk jadwal ujian dikabupaten bungo,“bebernya.
Dijelaskannya, untuk para pelamar yang lolos bahan,BKD hanya memberi waktu selama tiga hari untuk pengambilan nomor ujian. “Kami beri waktu hingga tanggal 3 jam 16.00 wib, kalau lewat dari itu dianggap mengundurkan diri dan peserta harus datang sendiri tidak boleh diwakilkan, sebab ada yang harus ditanda tangani,“jelasnya. Dilanjutkannya,panitia berencana akan menambah loket baru apabila hari pertama dan kedua sepi pelamar yang mengambil nomor ujian,“lihat situasinya nanti, tapi untuk antisipasi ramainya pelamar, kami akan menambah loket lagi,“tambahnya.
Sementara dari pantauan koran harian ini dilokasi pengambilan nomor tes CPNS, 14 pelamar yang ikut antri akhirnya jatuh pingsan karna panas nya terik matahari dan kecapeaan saat mengantri. Terlihat,para pelamar tersebut ikut antri hingga 4-5 jam dan beberapa pelamar mengaku belum sempat sarapan, dan sulitnya mencari makan dilokasi pengambilan nomor tersebut.
Dari empat belas pelamar yang pingsan, 2 diantaranya dilarikan ke Rumah Sakit H Hanafie.
Terpisah,Salah satu pelamar yang berasal dari Kabupaten Kerinci Musnidar mengatakan, sistim pengambilan nomor ini dinilai sangat menyulitkan para pelamar, pasalnya pelamar mesti mengantri sampai 5 jam, posisi antri dilapangan tanpa ada pelindung dari trik matahari, sehingga membuat para pelamar banyak yang tumbang.

\"Coba dikasih pelindung seperti tenda, kalau seperti ini bisa-bisa semuanya pingsan,\" tutupnya.

Sementara itu, sesuai jadwal yang telah di tentukan Badan  Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Tebo kemarin Rabu (1/10) mulai membagikan nomor peserta tes CPNS Tebo.
“ hHari ini kita mulai membagikan nomor peserta kepada peserta tes CPNS Tebo, ” ungkap Sekretaris BKPP Tebo, Eko Nuryanto.
Pantauan harian ini dilapangan, terlihat ribuan calon peserta memadati halaman kantor BKPP Tebo sejak pagi hari Hingga memasuki waktu sore, ribuan pelamar masih berdesak-desakan berebut mengambil nomor tes. Meski terus dipadati pelamar, panitia pelaksanaan CPNS 2014 Tebo tetap setia melayani pelamar.
“ Pengambilan nomor tes CPNS ini kita kerahkan seluruh tim BKPP tebo,”ujarnya.
Eko juga mengatakan, pengambilan nomor peserta tes CPNS tersebut bakal dilakukan tiga hari, yakni mulai tanggal 1 hingga 3 mendatang. Pengambilan nomor dillakukan mulai pukul 08.00-16.00 WIB, namun pada Jumat (3/10) pengambilannya hanya pukul 08.00-11.00 WIB.
“ Untuk mengambil nomor tes tersebut pelamar harus menujukkan KTP serta menunjukan tanda pengambilan nomor yang telah diberikan panitia waktu penyerahan berkas kemarin, ”terangnya.
Sebagaimana kita ketahui, lokasi  pelaksanaan seleksi CPNS akan dilaksanakan di aula kantor BKPP Tebo. Sedangkan jadwal pelaksanaan tes yakni Kamis, 16 Oktober hingga 5 Nopember 2014.
\" Tes dilaksanakan lebih kurang selama 3 minggu,\" paparnya.
Untuk informasi lebih lanjut, pelamar juga dapat mengakses web BKPP Tebo di www.tebokab.go.id. Eko menambahkan, pengumuman kelulusan berkas lamaran CPNS yang masuk ke BKPP Tebo total keseluruhan sebanyak 4907 berkas, terdiri dari formasi pendidikan, kesehatan dan tehnik.“ Kita berharap selama pelaksanaan CPNS ini tidak ada aksi suap, calo hingga joki, sehingga penjaringan itu berjalan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita semua,” harapnya.

(hnd/bjg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: