Jokowi Minum Jamu, JK bercukur

Jokowi Minum Jamu, JK bercukur

SETELAH menjalani Gladi Kotor di DPR pada hari Sabtu (18/10) presiden dan wakil presiden terpilih kembali prosesi Gladi bersih. Berbeda dengan biasanya, kali ini Jokowi-JK langsung memerankan selaku orang yang dilantik. Jokowi yang baru menjalani prosesi ini terlihat kaku, sedangkan JK tampak sudah biasa.

Sebelum mendatangi Gedung Nusantara I, Jokowi dan JK melakukan pertemuan bersama. Pertemuan itu dilakukan di rumah dinas Jokowi tepatnya di Taman Suropati Menteng Jakarta Pusat.

Usai pertemuan, keduanya langsung bergerak ke DPR. Mereka berangkat dengan satu mobil yakni menggunakan mobil kepresidenan Mercedes Bens.

Keduanya sampai di DPR pukul 10.00. Jokowi-JK didampingi oleh Deputi Tim Transisi yakni Rini Soemarno dan Andi Wijayanto.

‘‘Jokowi tetap mengenakan baju kemeja putih sedangkan JK mengenakan baju batik lengan pendek warna hijau. Kedatangan Jokowi-JK disambut oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Rombongan itu pun langsung bergegas melakukan gladi bersih di Gedung Nusantara I.

Acara Gladi bersih dimulai dari awal. Setelah keluar dari lift, Jokowi-JK langsung didampingi oleh ketua MPR dan ajudan. Mereka masuk ke Gedung Nusantara I. Masuk ke gedung, Jokowi duduk di depan podium tepatnya di sebelah kiri. Sedangkan posisi JK di sebelah Kanan meja ketua MPR.

Prosesi dibuka dengan amanat dari Zulkifli. Dilanjutkan dengan membuka persidangan. Setelah itu, Jokowi dan JK diambil sumpah jabatan. Setelah mengucapkan sumpah, Jokowi terlihat membenarkan posisi mikrofon. Pasalnya suara mike terdengar tidak keras. Sedangkan JK tidak menemui kendala.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah jabatan. Jokowi sempat melihat ke belakang. Dia memastikan bahwa ajudan tidak ikut dibelakangnya. ‘‘Ya gak usah ikut,’‘ ujarnya.

Sesekali Jokowi terlihat bertanya pada JK saat penandatanganan sumpah itu. Percakapan hangat pun terjadi. ‘‘Ya tandatangan saja,’‘ ujar JK diikuti oleh tawa peserta sidang.

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan pembacaan pidato kenegaraan. Usai membacakan pidato, Jokowi lantas lewat di depan meja pimpinan MPR. Dia bertanya pada Zulkifli apakah perlu memberikan hormat.

‘‘Tidak usah hormat pak,’‘ kata Zulkifli yang kembali disambut riuh tawa peserta sidang.

Acara ditutup dengan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, para pimpinan MPR serta Jokowi-JK meninggalkan tempat pelantikan. Sesudah acara gladi bersih, mantan walikota Solo itu mengatakan dia sempat gugup. Pasalnya ada bagian-bagian yang dia lupa saat prosesi pelantikan.

‘‘Soalnya pas Gladi Kotor kan peraga. Sekarang langsung memerankan,’‘ ujarnya

Namun, Kata Jokowi, dia memastikan bahwa saat pelantikan nantinya sudah tidak ada masalah. ‘‘Besok pasti lancar. Insyallah tidak salah lagi,’‘ jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: