Upacara Pelepasan SBY, Penuh Isak Tangis

Upacara Pelepasan SBY, Penuh Isak Tangis

JIKA upacara penyambutan Presiden Jokowi berlangsung gegap gempita, sebaliknya upacara perpisahan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) justru penuh haru. Usai mengikuti upacara pisah sambut bersama Jokowi, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono meninggalkan Kompeks Istana Kepresidenan. Jokowi dan Irina pun tampak mendampingi SBY dan Ibu Ani saat menuju gerbang.

Dalam perjalanan ke gerbang istana, SBY dan Ibu Ani bersalaman dengan para menteri dan kepala lembaga dalam KIB II. Mereka tampak terharu saat berjabat tangan dengan Presiden RI keenam itu. Bahkan, setelah SBY dan Ibu Ani beralih untuk bersalaman dengan para pendukungnya, para menteri perempuan, Nafsiah Mboi, Mari Elka Pangestu, Linda Gumelar dan Armida Alisjahbana saling berpelukan dan menitikkan air mata.

Teriakan-teriakan \"terimakasih SBY dan Hidup SBY\" terus bergema dari masyarakat di sekitar lingkungan istana. \"Terimakasih Bapak SBY,\"teriak warga. Mereka juga berebut bersalaman dengan SBY dan Ibu Ani. Tidak sedikit dari mereka yang menangis sesenggukan saat menyaksikan kepergian SBY. Tidak terkecuali para Paspampres perempuan pun ikut menangis ketika mengawal SBY dan Ibu Ani ke luar pintu gerbang. Mereka bahkan memeluk Ibu Ani.

Para staf pribadi Ibu Ani juga terisak saat mengawal yang bersangkutan untuk terakhir kalinya. Putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga menangis saat bersalaman dengan para warga yang melepas kepergian SBY dan Ibu Ani. Ternyata, SBY pun tampak terharu. Meski tidak menangis, raut wajahnya menunjukkan rasa haru yang mendalam melihat antusiasme publik terhadap dirinya dan Ibu Ani. Mengakhiri acara perpisahannya, SBY dan Ibu Ani memasuki mobil yang membawa keduanya menuju kediaman mereka di Puri Cikeas, Bogor.

Kedatangan SBY ke Cikeas pun langsung disambut warga Cikeas dengan meriah. Mereka berebut bersalaman dengan mantan orang nomor satu di Indonesia itu. Bahkan, keduanya mendapat rangkaian bunga yang dikalungkan di leher mereka. \"Welcome home pak SBY. We love you,\"teriak para warga. Saat tiba di kediamannya, SBY dan Ibu Ani sempat berpelukan sambil menangis. Keduanya berpelukan untuk beberapa saat. Kejadian mengharukan tersebut berlangsung di Pendopo Kediaman SBY di Puri Cikeas.

Di kediamannya tersebut, SBY menggelar acara syukuran sekaligus pembubaran KIB II. Tampak para mantan menteri Hatta Radjasa, M. Nuh, Sudi Silalahi dan beberapa menteri lainnya, termasuk mantan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, Mantan Staf Khusus Presiden Daniel Sparringa, dan mantan Seskab Dipo Alam.

Dalam acara pisah sambut, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat pada Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang telah dilantik di MPR RI. Hal ini disampaikannya dalam acara pisah sambut dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (20/10).

\"Bapak Presiden kami semua mengucapkan selamat. Selamat bertugas Bapak Presiden semoga Bapak Presiden dan Ibu Negara senantiasa mendapat bimbingan dari Allah dan dilindungi selalu,\" ujar SBY dalam sambutannya.

SBY dalam hal ini mengucapkan terimakasih pada semua jajaran yang telah membantunya selama ini. Ia pun berpesan pada jajaran lembaga kepresidenan agar mendukung kerja Presiden Jokowi dengan baik.

\"Berikanlah dukungan dan ruang dan pelayanan terbaik kepada Presiden dan Ibu Negara sebagaimana diberikan kepada saya dan Bu Ani. Saya mohon maaf pada jajaran kepresidenan apabila ada kesalahan dan kekhilafan saya dan Ibu Ani,\" lirih Presiden.

Menanggapi sambutan itu, Presiden Jokowi pun mengucapkan terimakasih pada SBY. Tak banyak kata yang diungkapkannya, kecuali doa untuk mantan Presiden tersebut.

\"Saya atas nama pribadi atas nama seluruh rakyat Inonesia mengucapkan terimakasih atas pengabdian Bapak dan Ibu, kabinet, dan penghargaan setinggi-tingginya. Selamat buat bapak semoga selalu diberikan barokah, kesehatan dan umur panjang,\" tutur Presiden Jokowi.

Setelah sambutan-sambutan tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghantarkan SBY dan Ani yang akan kembali ke kediaman di Cikeas.

(jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: