Terapkan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Terapkan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

JAMBI - Tidak semua sekolah bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah proses belajar mengajar. seperti halnya yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri 9 Kota Jambi.

                Sekolah yang terletak di Jalan Raya Kasang Pudak, Kota Jambi ini, saat ini menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) yang bisa diakses seluruh siswa.

                \"Guna mendukung sistem tersebut, kami memasang hotspot dan internet yang dibuat sendiri oleh para guru. Sistem intranet terhubung langsung ke ponsel masing-masing siswa, tetapi hanya bisa dibuka di lingkungan sekolah dengan kata kunci khusus,\" ujar Tigwandi, Waka Kurikulum SMAN 9 Kota Jambi.

                Disamping itu, pembelajaran dengan menggunakan elektronik lainnya, seperti laptop dan LCD juga dimanfaatkan secara optimal, guna menunjang prestasi siswa.

                Dikatakannya, sistem pembelajaran berbasis TI tersebut, merupakan implementasi dari model sekolah kategori Pusat Sumber Belajar (PSB). Namun tidak hanya itu, beberapa model lainnya seperti Sekolah Kategori Mandiri (SKM) dan Program Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) juga diterapkan pihaknya.

                \"Tapi, yang paling dominan memang PSB,\" imbuhnya.

                Terkait dengan pemanfaatan akses internet, kata dia, sangat perlu dilakukan mengingat banyak yang bisa diambil di dalamnya. Misalnya, memuat berbagai kiat metode belajar, mengerjakan tugas, menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS), hingga kata-kata motivasi dari para guru.

                Sistem internet yang diterapkan di sekolah tersebut, menurut Tigwandi, merupakan upaya rintisan untuk menyimpan seluruh dokumen siswa dan sekolah di server sekolah. “Kita berharap dengan  menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI), maka siswa SMAN 9 dapat terus meningkatkan prestasinya,”pungkasnya.

(lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: