Ribuan Warga Terima Beasiswa Pemprov

Ribuan Warga Terima Beasiswa Pemprov

HBA Perhatikan Pendidikan Anak Jambi Mulai PAUD hingga S3

JAMBI –Ribuan anak sekolah telah menerima beasiswa yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, Pemprov Jambi telah mengalokasikan anggaran beasiswa melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dari 2010 sampai 2014, terdiridariuntuk S1 6.411 orang sebesarRp 29,5 miliar, S2 sebanyak 1.807 orang sebesarRp 50,653 miliar, dan S3 untuk 430 orang sebesarRp 27,195 miliar,  yang tersebar di kabupaten dan kota se provinsi Jambi

Diakui oleh banyak pihak bahwa program beasiswa yang merupakan salah satu program utama gubernur Jambi Hasan Basri Agus ini merupakan salah satu program yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama dari kalangan menengah kebawah  yang mengalami kesulitan dalam melanjutkan sekolah anak anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Saya ingin anak Jambi banyak yang pintar,” demikian tegas gubernur HBA ketika ditanya tujuannya merancang program beasiswa yang memerlukan dana yang tidak sedikit.

Pernyataan gubernur yang lugas dan tegas tersebut jelas disampaikan dengan didasarkan atas alasan yang kuat dan tujuan yang sangat jelas. Berangkat dari akar pemasalahan yang mendasar disatu sisi didunia pendidikan dimana kebutuhan biaya pendidikan yang semakin tinggi. Sementara disisi lain provinsi Jambi membutuhkan generasi penerus yang memiliki derajat intelektual yang tinggi dalam menghadapi tantangan global di era modern. Maka jelas program beasiswa merupakan “problem solving” yang tepat laksana obat yang tepat untuk penyakit yang benar.

Tidak bias dipungkiri bahwa biasanya untuk melanjutkan pendidikan baik Strata S1, S2, maupun S3 membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sementara umumnya kemampuan anak siswa lulusan SMA Provinsi Jambi tidak kalah mutunya bila dibandingkan dengan provinsi lain. Salah satu buktinya dalam ajang olimpiade sains tingkat nasional yang sering diikuti oleh utusan dari pemprov Jambi, siswa siswi dari Jambi berhasil menorehkan beberapa prestasi yang sangat membanggakan.

Melihat permasalahan tersebut sudah sangat tepat jika HBA meluncurkan program beasiswa yang untuk dua tahun terkahir sudah di integrasikan dengan program SAMISAKE ( satu miliar satu kecamatan), dan hingga sekarang sudah tidak sedikit anak Jambi yang sudah berhasil menggapai gelar sarjana lanjutan di S2, maupun di S3.

Namun demikian gubernur Jambi juga mengingatkan setiap pemangku kepentingan untuk terus aktif mengawasi pelaksanaan program yang sangat baik ini. Dalam berbagai kesempatan Gubernur Jambi selalu menekankan bahwa program beasiswa adalah suatu program yang ditujukanuntuk meningkatkan akses, pemerataan dan kualitas pendidikan dan oleh sebab itu program tersebut harus dilaksanakan dengan baik dan benar serta efektif dan efisien.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jambi, H Hasan BasriAgus (HBA) berkaitan dengan upaya tegas pemerintah meningkatkan SDM masyarakat Jambi. Dan mengingat akan penting dan strategisnya program ini, HBA mengharapkan semua pihak untuk berperan aktif dalam mengsukseskan program yang sangat menyentuh kepentingan masyarakat Jambi itu.

“Saya berharap  program ini dipantau dan diawasi oleh masyarakat. Jangan sampai salah sasaran. Silahkan lapor kesaya jika ada kejanggalan atau penyimpangan,\" tegas HBA.

Besarnya manfaat dari program beasiswa milik pemerintah Provinsi Jambi sangat dirasakan oleh para mahasiswa yang beruntung mendapatkan bantuan tersebut. Ini Berkat dorongan dan motivasi serta keinginan tinggi dan bantuan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Jambi dan dukungan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, MM melalui Program Jambi Emas 2015. Sejumlah mahasiswa S2 menyelesaikanpendidikannya. Salah satunya adalah Hermanto, SQ, MA  asal Kabupaten  Merangin, Thoriq, SQ, MA asal Kota Jambi, dan Rika Riwayani Ishaq, SQ, MA asal Kabupaten Muaro Bungo telah menyelesaikan studi S2 di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur”an (PTIQ) Jakarta.

Mengutip pernyataan Hermanto, dia mengatakan, selaku putra/i yang telah dibantu oleh Pemerintah Provinsimelalui Program Beasiswa Jambi Emas 2015 mengucapkan terimakasih kepada Gubernur. ““Juga berkat dukungan dan support dari keluarga, akhirnya kami dapatmenyelesaikanstudi S2 kami,” terangnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya yang telah dibantu oleh Pemerintah Provinsi Jambi, siap mengabdi untuk Jambi dengan kemampuan yang telah didapat. ““Sekalilagi kami mengucapkanterimakasihkepadaPemerintahProvinsi Jambi. Harapan kami, beasiswa ini terus digalakkan guna meningkatkan SDM Provinsi Jambi kedepan. Dengan beasiswa ini meringankan biaya bagi mahasiswa yang memiliki keinginan tinggi untuk belajar, tetapi kekurangan biaya seperti kami,” tuturnya.

HBA Perhatikan Pendidikan Anak Usia Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: