Jambi Ekspres dan Pembangunan Jambi

Jambi Ekspres dan Pembangunan Jambi

Oleh : Suwardi, SE.Sy

Everett M. Rogers dalam bukunya Communication Technology; The New Media in Society (dalam Mulyana, 1999), mengatakan bahwa dalam hubungan komunikasi di masyarakat, dikenal empat era komunikasi yaitu era tulis, era media cetak, era media telekomunikasi dan era media komunikasi interaktif. Di sisi lain, Marshall McLuhan dalam bukunya Understanding Media – The Extensions of Man (1999), mengemukakan ide bahwa “medium is message” (pesan media ya media itu sendiri). McLuhan menganggap media sebagai perluasan manusia dan bahwa media yang berbeda-beda mewakili pesan yang berbeda-beda. Media juga menciptakan dan mempengaruhi cakupan serta bentuk dari hubungan-hubungan dan kegiatan-kegiatan manusia. Pengaruh media telah berkembang dari individu kepada masyarakat. Dengan media setiap bagian dunia dapat dihubungkan menjadi desa global.

Di Indonesia peran media massa dalam akselerasinya menerpa khalayak sangatlah besar, mencapai 47 persen untuk radio, 29 persen internet, 25 persen koran dan 13 persen majalah. Maka tidak diragukan lagi kalau media massa amat berpengaruh.

Karenanya media massa tidak hanya berkontribusi pada pembangunan di daerah, namun juga mendukung pembangunan berkelanjutan, demokrasi dan berbagai program pemerintah secara keseluruhan. Selain itu, media massa harus berperan menyukseskan agenda pemerintah skala lokal, nasional dan global. Keberpihakan media pada suksesi program pemerintah lanjutan seperti MDGs serta isu global lainnya, perlu dipetakan untuk mewujudkan massa depan yang baik.

Di Jambi khususnya, Harian Pagi Jambi Ekspres adalah merupakan salah satu media cetak yang turut serta memainkan peran strategis tersebut, yakni menjadi perantara orientasi pembangunan politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, dan agama dalam konteks pemberitaan dan informasi yang akurat, tajam dan cukup kritis.


Bidang Politik

 

Meski bukan sebagai Koran/media cetak yang pertama lahir dan hadir di Jambi. Namun, sudah sejak lama Harian Jambi Ekspres dikenal sebagai koran politik yang memiliki pengaruh luas. Dalam setiap perhelatan politik seperti Pemilihan Umum (Pemilu) ataupun Pemilu Presiden (Pilpres), dan Pemilu kepala daerah (Pemilukada), Jambi Ekspres selalu menjadi koran rujukan bagi para pengambil keputusan strategis dalam politik, dan juga tidak jarang Jambi Ekspres dijadikan sebagai wadah dalam melakukan manuver-manuver terhadap lawan politik yang berseberangan dan sedang bertarung dalam pentas politik yang dihelat.

Tersimpan kesan dari para elit politik yang penulis amati, seoalah sering merasa belum lengkap jika pesan-pesan politiknya belum disalurkan melalui Jambi Ekspres. Suatu persoalan yang muncul menjadi wacana publik sering dianggap belum serius jika belum dimuat oleh Jambi Ekspres. Demikian ini sangatlah wajar dikarenakan, pemberitaan yang glamor terkadang mampu mempengaruhi public untuk turut serta menyimak dan mengamati dan bahkan memberikan keputusan-keputusan akhir dalam sikap politiknya.

Bilamana kita telaah dengan teori dependensi mengenai efek komunikasi massa yang dikembangkan Sandra Ball-Rokeach dan Melvin L.Devleur. Pendekatan teori ini bersifat struktur sosial yang berangkat dari gagasan mengenai sifat masyarakat modern (atau masyarakat massa), di mana media massa dapat dianggap sebagai sistem informasi yang memiliki peran penting dalam proses pemeliharaan, perubahan, dan konflik pada tataran masyarakat, kelompok atau individu dalam aktivitas sosial.

Teori ini menjelaskan saling hubungan antara tiga perangkat variabel utama dan menentukan jenis efek yakni kognitif, afektif, behavioral. Efek kognitif menciptakan atau menghilangkan ambiguitas, pembentukan sikap perluasan sisitem keyakinan masyarakat. Efek afektif adalah efek menciptakan ketakutan atau kecemasan, meningkatkan atau menurunkan dukungan moral. Efek behavioral adalah efek mengaktifkan/menggerakkan atau pembentukan isu atau penyelesaiannya, menjangkau atau menyediakan setrategi untuk suatu aktivitas. Efek behavioral inilah yang dimiliki Harian Jambi Ekspres atau efek yang dapat menggerakkan khalayak melakukan sesuatu hal. Sehingga dalam proses politik, peran ini sangat penting dan menentukan.

Ekonomi

Dari segi ekonomi, Jambi Ekspres juga memiliki peranan yang cukup baik dalam memberikan pemahaman dan juga informasi kepada para pelaku usaha dan pebisnis mengenai kondisi ekonomi regional, nasional dan bahkan persoalan regulasi kerap dihadirkan oleh Jambi Ekspres dalam pemberitaannya, hemat penulis, demikian ini berpengaruh besar terhadap pelaku dunia usaha dalam mengambil langkah-langkah strategis yang akan diambil.

Bahkan dalam rubric Komunikasi Bisnis, Jambi Ekspres memberikan keleluasaan liputan sekaligus menjadi media promosi bagi dunia usaha untuk bisa mempromosikan produk unggulan dan atau menjadi tempat masyarakat untuk mencari informasi yang berimbang mengenai suatu produk/jasa yang sedang dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: