Kembangkan Bakat Tari Siswa

Kembangkan Bakat Tari Siswa

JAMBI- Minat siswa mempelajari tari daerah terus berkurang. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi hal itu. Ini yang disampaikan Kepala SMPN 24 Kota jambi, Jamil Rusdi.

Dia meyakini, kekayaan seni nusantara sangat beraneka ragam. Untuk itu, keanekaragaman tersebut perlu dilestarikan secara sungguh-sungguh. “Latihan ini diberikan pada siswa tidak hanya pada saat lomba, tetapi dilakukan setiap hari setelah belajar secara rutin,” ungkapnya

Ia berharap, dari latihan rutin yang dilakukan kepada para siswa didiknya, akan menghasilkan seniman-seniman baru dalam berkesenian. Sehingga, keberagaman warisan nenek moyang tidak punah digerus zaman. “Mengembangkan seni tradisi, supaya tidak punah dan luntur oleh kesenian lain. Bahkan, bila perlu kita kembangkan hingga ke negara lain,” ungkapnya

Ditambahkannya, memberikan pendidikan seni kepada siswa di zaman modern tidaklah mudah. Selain memberikan pemahaman tentang jiwa dan rasa, motivasi saat latihan harus terus diberikan. “Awalnya kita berikan rangsangan terhadap seni. Kalau sudah mereka senang, tinggal mengarahkan saja pada seni tradisional,” akunya.

Sementara itu, salah satu siswa SMPN 24 Kota Jambi mengaku, ketertarikan pada seni awalnya hanya mengisi waktu luang saja. Namun, kini dirinya merasa bangga menjadi siswa yang bisa melestarikan seni daerah. “Awalnya hanya iseng aja, setelah lama latihan selain asik ternyata banyak membawa pengalaman,” akunya.

(lia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: