Pendaftaran Maba IAIN Dibuka 30 Februari

Pendaftaran Maba IAIN Dibuka 30 Februari

JAKARTA  -  Kementerian Agama (Kemenag) merespon peningkatan minat masyarakat kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN). Caranya dengan menggenjot peningkatan daya tampung mahasiswa baru (maba) di kampus-kampus PTKIN di seluruh Indonesia.

 Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Nur Syam menjelaskan, tahun lalu daya tampung maba di 55 unit PTKIN sekitar 80 ribu orang. \"Setelah kita lakukan beberapa intervensi, daya tampung mahasiswa baru tahun ini meningkat,\" jelas dia di Jakarta kemarin. Nur Syam mengatakan daya tampung mahasiswa baru di PTKIN saat ini berkisar 130-an ribu kursi.

 Diantara program yang digulirkan Kemenag untuk menambah daya tampung itu adalah, memperbanyak pembangunan unit ruang kuliah baru. Selama 2014, Kemenag mengalokasikan anggaran besar untuk membangun sekitar 1.000 unit ruang kuliah baru.

 Selain itu konversi PTKIN dari kelompok Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), serta dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) ikut memperbanyak daya tampung maba. Sebab di setiap konversi itu, ada penambahan fakultas dan program studi (prodi) baru.

 Penerimaan maba di lingkungan PTKIN tahun ini diberi nama seleksi prestasi akademik nasional (SPAN). Sistem seleksi di SPAN mengadopsi konsep seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN), yakni tidak menggunakan ujian tulis. Proses seleksi dilaksanakan dengan beberapa pertimbangan seperti nilai rapor, ujian nasional (unas), dan rekam jejak prestasi akademik serta non-akademik lainnya.

 Pendaftaran SPAN-PTKIN dibuka mulai 30 Februari sampai 25 April. Kemudian proses seleksi berlangsung 27 April sampai 22 Mei. Lalu pengumuman kelulusannya dilaksanakan pada 25 Mei. \"Peminat masuk ke PTKIN tahun lalu sekitar 300 ribu pelamar. Saya prediksi peminat tahun ini lebih besar,\" jelasnya. Potensi peningkatan jumlah pelamar itu juga disebabkan biaya pendaftaran yang digratiskan.

 Nur Syam menjelaskan tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN dimulai dari pihak sekolah atau madrasah. Kepala sekolah diwajibkan mendaftarkan sekolahnya ke website panitia: www.span-ptkin.ac.id. Setelah proses pendaftaran oleh sekolah selesai, baru pendaftaran oleh masing-masing siswa di website yang sama.

 Diantara kampus yang mengalami konversi dan ikut dalam peluncuran SPAN-PTKIN kemarin dalah IAIN Jember. Kampus ini sebelumnya bernama STAIN Jember. Wakil Ketua Bidang Akademik IAIN Jember Nur Sholikin menuturkan, kapasitas maba tahun ini bertambah menjadi 2.500 orang. \"Kapasitas tahun lalu masih 1.840 orang maba,\" jelas dia.

 

 Penambahan daya tampung itu tak lepas dari penambahan unit ruang kuliah baru sebanyak 36 unit. Penambahan ruang kelas baru itu terkait dengan penambahan dua fakultas baru; Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora (FUAH).

(wan)

Pendaftaran Maba IAIN Dibuka 30 Februari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: