>

Gunung Soputan Meletus Kembali

Gunung Soputan Meletus Kembali

JAKARTA -  Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi kemarin (11/2) pagi. Menurut Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, erupsi terjadi pukul 07.29 WITA.

Sutopo mengatakan, asap tebal berwarna putih kelabu terlihat membubung tinggi saat erupsi terjadi. Kolom letusan tersebut mencapai ketinggian kurang lebih 3,5 km dari puncak gunung. \"(Kolom) Condong ke arah Tenggara,\" ungkapnya di Jakarta, kemarin.

Dia melanjutkan, tidak ada korban jiwa akibat erupsi. Namun, ia tetap menghimbau masyarakat untuk waspada. Sebab, kegempaan masih terasa pasca letusan. Warga pun diminta untuk tidak beraktifitas dalam radius 6,5 km dari gunung.

Meski demikian, menurutnya, belum diperlukan adanya evakuasi warga yang ada di sana. Sebab, mereka relatif berada di wilayah aman. Yakni 8 km dari gunung berketinggian 1.784 m itu. Di Minahasa Utara sendiri, terdapat enam kecamatan yang masuk dalam zona terdampak letusan Soputan. Keenam kecamatan itu meliputi, Kecamatan Tombatu, Tombatu Utara, Tombatu Timur, Silian, Touluaan dan kecamatan Pasan.

\"Dalam kondisi seperti ini, kami minta masyarakat tenang,\" katanya. \"Teruss berkomunikasi dengan pihak BPBD dan pemerintah setempat. Jangan termakan kabar burung yang belum pasti,\" sambungnya.

Sebelumnya, Gunung Soputan terakhir kali meletus pada 2 Februari 2015 lalu. Tepatnya, pada pukul 01.22 WITA. Saat itu, ketinggian kolom letusan juga mencapai 3,5 km, menuju Barat daya. Guguran lava pijar juga terus keluar dari kawah pasca erupsi terjadi.

Aktivitas vulkanik Gunung Saputan sendiri meningkat sejak akhir Desember 2014. Tercatat, gunung api ini telah meletus sebanyak tiga kali di awal 2015 ini.

(mia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: