Peringati HUT RI, Tanamkan Nilai Pancasila

Peringati HUT RI, Tanamkan Nilai Pancasila

JAMBI-Penanaman nilai-nilai pancasila kepada anak didik penting dilakukan sedini mungkin. Apalagi saat momen HUT Kemerdekaan RI ke-70 ini, berbagai sekolah menggelar kegiatan untuk memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Hal yang juga juga dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 204 Kota Jambi. Bahkan siswa terlihat antusias mengikuti berbagai lomba yang digelar dalam rangka HUT RI ke-70 pada Rabu (19/08) kemarin. Lomba yang digelar adalah lomba kelereng pakai sendok, lari karung, tarik tambang, main bola pakai sarung dan memasukkan paku dalam botol.

Kepala SDN 204 Kota Jambi, Halimah, SPd mengatakan, digelarnya lomba-lomba tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan nilai-nilai pancasila kepada anak-anak.

Menurutnya dengan menggelar lomba-lomba ini, maka akan tumbuh rasa semangat kompetisi, semangat pantang menyerah, melatih kepekaan dan melatih mental siswa untuk siap menang dan siap kalah.

\"Semangat seperti itulah yang harus kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini. Karena semangat seperti itulah yang diajarkan oleh pahlawan-pahlawan kita,” akunya.

Penanaman nilai kebangsaan semacam ini, lanjutnya juga diajarkan di kelas-kelas. Apalagi ketika memasuki bulan Agustus.

\"Siswa diingatkan peristiwa perjuangan Proklamasi Kemerdekaan kita. Membina anak tentang kepahlawanan, baik melalui melalu film maupun berkunjung ke museum, ke makam pahlawan, yang demikian justru anak lebih antusias karena penasaran,” bebernya.

(lia/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: