>

XL Sediakan Sistem Informasi Penumpang

XL Sediakan Sistem Informasi Penumpang

JAMBI - Transportasi selalu menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis transportasi yang hadir pun semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang pasti semakin tinggi. XL melihat hal ini sebagai potensi untuk mengembangkan solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang bisa dimanfaatkan oleh para penyelenggara jasa angkutan publik, seperti Damri.

Direktur Utama XL, Dian Siswarini mengatakan, XL berusaha untuk selalu jeli melihat persoalan yang dihadapi oleh rekan bisnis diberbagai sektor dan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mencarikan solusinya secara digital. XL berharap sistem baru yang dikembangkan bersama Damri akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia. “Sistem pemantauan yang dirancang oleh XL ini bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, maupun pengelola manajemen perusahaan Damri. Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bis sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan,” jelasnya.

Bagi pengelola Damri, sistem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang beroperasi. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa mengoptimalkan kegiatan operasional, meningkatkan pelayanan, dan sekaligus menurunkan biaya operasional. Pada akhirnya, Perum Damri akan bisa memaksimalkan pelayanan yang prima kepada pelanggannya.

Sistem Informasi yang dibangun XL berbasis IoT telah memberikan solusi untuk berbagai sektor. Beberapa di antaranya adalah listrik pintar “Simply” bekerjasama dengan PLN, “PayPoint” yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian maupun penjualan. Bagi segmen Transportasi dan Retail Merchant, XL IoT telah meluncurkan “YuBox”. “Sedangkan untuk sektor perbankan dengan solusi MCA 3G Access dan Aplikasi Sales Management bagi perusahaan di sektor consumer good,” ujar Dian.

(kar/*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: