Realisasi Pajak Baru 55 Persen
JAMBI-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jambi mengklaim realisasi pencapaian pajak sampai dengan Oktober lalu baru 55 persen.
Hal ini dipengaruhi karena melemahnya perekonomian masyarakat. Namun ditargetkan sampai dengan akhir tahun realisasi pajak bisa mancapai 91 persen.
Kepala KPP Pratama Jambi, Eko Budihartono, menyebutkan, target yang ditetapkan untuk KPP Pratama Jambi yaitu sebesar Rp 2,993 trilun, hampir mendekati Rp 3 triliun. Memang saat ini baru terealisasi 55 persen dalam bentuk Surat Pemberitahuan (SPT) pajak ke kantor KPP Pratama.
Untuk itu, harus dilakukan berbagai cara agar pencapaian pajak bisa tercapai sampai dengan akhir tahun.
\"Harapan terbesar saat ini berasal dari pemerintah daerah, biasanya dua bulan jelang akhir tahun pembayaran pajak akan meningkat secara drastis, terutama yang pajak berasal dari dana APBD dan APBN,\" jelasnya.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pembayaran pajak pada akhir tahun akan terus meningkat drastis karena instansi yang menggunakan dana dari APBD dan APBN selalu menunda untuk membayar pajak. Untuk itu, KPP Pratama kedepannya tidak lagi selalu terlambat, sebab bagi yang terlambat tentunya ada sanksinya.
Tentunya bank yang bekerjasama dengan KPP Pratama akan kerepotan pada akhir tahun, pembayaran selalu membludak sehingga harus mengantri lama.
Belum tercapainya realisasi pajak juga disebabkan oleh faktor ekonomi yang sedang turun, terutama pada bidang industri pengolahan, perkebunan dan sedang melemah. Padahal kontribusi terbesar pajak berasal dari sektor tersebut. Bagi sektor ini, diberikan keringanan berupa pengurangan dan penghapusan sanksi pajak yang menunggak.
\"Ini akan dilakukan sosialisasinya minggu depan, kalau tidak dilakukan sosialisasi, orang akan lupa untuk membayar pajak,\" sebut Eko. Sosialisasi ini nantinyanya akan lebih diperioritaskan pada Wajib Pajak (WP) baru, yang merupakan pembayaran baru. Sedangkan untuk WP lama sudah taat untuk bayar pajak, walapun agak terlambat beberapa bulan saja. Perlu dilakukan sosialisasi untuk mengingatkan WP tersebut.
Eko menambahkan, saat ini KPP Pratama Jambi mendapatkan predikat sebagai KPP Pratama yang memberikan pelayanan terbaik se-Kanwil Direktoral Jendral Pajak Sumatra Barat dan Jambi. Dengan penghargaan ini diharapakan kedepannya, pencapaian pajak bisa lebih meningkat lagi seiring masyarakat yang merasa senang dengan pelayana di KPP Pratama Jambi. \"Banyak tampilan layanan yang berubah di KPP Pratama Jambi, diharapkan tahun depan predikat pelayanan terbaik ini bisa dipertahankan,\" imbuhnya.
(kar)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: