Hadapi MEA, FE Unbari Gelar Seminar Regional

Hadapi MEA, FE Unbari Gelar Seminar Regional

JAMBI-Dalam rangka Dies Natalis Unbari ke-30 dan melihat persiapan ekonomi Jambi menghadai era globalisasi terutama MEA, maka Fakultas Ekonomi Unbari menggelar Seminar Regional pada Selasa (24/11) kemarin di aula H. Abdurrahman Sayoeti Unbari.

                Dalam seminar ini pihak panitia mengambil tema tantang ‘Penguatan Ekonomi Daerah dalam Era Globalisasi’ dengan narasumber Dr. Ir. H. Marzuki Usman, M.A (mantan Menhut dan Menpar RI) dan Perwakilan BI Jambi.

                Kegiatan ini dibuka Wakil Dekan II Unbari, Dr. Osrita Hapsara, SE, MM. Dalam sambutannya Osrita mengatakan bahwa era globalisasi ini ditandai dengan bergulirnya MEA akhir 2015 nanti. Disini memberikan peluang dan tantangan bagi ekonomi Jambi.

                “Peluangnya bagaimana meningkatkan ekspor Jambi ke luar. Tantangannya bagaimana daya saing kita. Bagitu banyak masalah yang akan dihadapai, maka kita harapkan narasumber nantinya bisa mengurai potensi dan tantangan kita menghadapi MEA,” akunya.

                Sementara itu Dekan Fakultas Sekonomi Unbari, M. Zahari, SE, MSi mengatakan bahwa seminar ini merupakan bentuk perhatian kalangan akademisi terhadap persiapan Jambi dalam memasuki persaingan global. Semua ini akan diawali dengan berlakunya MEA akhir 2015 mendatang.

                “Tentunya mau tidak mau, suka tidak suka kita harus memasuki pasar global. Makanya kami mencoba mengangkat tema bagaimana nanti Jambi sebagai wilayah yang strategis ditengah-tengah sumatera akan membawa ekonomi Jambi lebih bisa lebih baik,” jelasnya.

                Peserta seminar ini diikuti 200 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari Pemda, akademisi, perbankan, pengusaha, dosen dan mahasiswa yang ada dilingkungan Universitas Batanghari.

(kta/ad)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: