PTI-PD IAIN Gelar Pelatihan Aplikasi

PTI-PD IAIN Gelar Pelatihan Aplikasi

Sistem Informasi Akademik


JAMBI-Pusat Teknologi Informasi Pangkalan Data (PTI-PD) IAIN STS Jambi menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Akademik. Kegiatan yang digelar pada 29-30 Desember 2015 di lantai 2 Rektorat IAIN STS Jambi dan merupakan bagian akhir dari pelatihan yang digelar PTI-PD IAIN STS Jambi.

Kepala PTI-PD IAIN STS Jambi, Dr. H. Kemas Imron Rosadi, MPd mengatakan, peserta pelatihan yakni operator IT di masing-masing fakultas, bagian administrasi akademik, bagian keuangan, lembaga penjaminan mutu serta dari pusat penelitian dan pers IAIN STS Jambi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian ketiga kalinya dan menjadi penutup dari pelaksanaan pelatihan. Aplikasi yang sejak awal  diajarkan, maka akan dituntaskan pada pelatihan penutup ini. Kegiatan ini membahas aplikasi dan penerapan sistem pelayanan berbasis website.

”Melalui pelatihan sistem informasi akademik diharapkan terjadi peningkatan pelayanan mutu pelayanan akademik yang baik dan cerminan kinerja profesional,” aku Imron.

Setelah selesai pelatihan ini, pihaknya akan membentuk  satu fakultas yang akan dijadikan pilot projek dan dilengkapi sarana prasarana penunjang, sehingga menjadi percontohan bagi fakultas lainnya.

“Kita lakukan secara bertahap, karena system ini baru dan kita mulai dari satu fakultas sebagai pilot projek,” lanjutnya.

Kemampuan IT yang merupakan salah satu indikator menuju UIN harus dititik fokuskan pula pada sumber daya manusia, khususnya dalam pengolahan IT. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi perubahan yang cepat dalam perbaikan mutu layanan terutama pada sistem akademik.

Pengembangan pelayanan akademik antara lain agar masing-masing fakultas memiliki operator ICT untuk memfungsikan KRS, KHS online juga input nilai secara online.

“Syarat untuk UIN salah satunya IT kita harus mumpuni juga. Pada hakikatnya ini memang tugas kita dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di IAIN,” tandasnya.

(azz/adv)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: