SMPN 1 Raih Sekolah Berintegritas UN Tingkat Nasional

SMPN 1 Raih Sekolah Berintegritas UN Tingkat Nasional

 

 JAMBI-SMPN 1 Kota Jambi kembali meraih prestasi membanggakan ditingkat Nasional. Mereka berhasil meraih piagam penghargaan sebagai Sekolah Berintegritas Dalam Penyenggaraan Ujian Nasional tingkat Nasional dan satu-satunya dari Jambi dari 503 yang meraih penghargaan ini.

Piagam tersebut diserahkan langsung Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 21 Desember 2015 di Istana Negara Jakarta. Dimana SMP menjadi satu diantara 503 sekolah yang meraih predikat ini. Hal ini sesuai dengan surat keputuan yag dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

“Dari SK tersebut di Provinsi Jambi yang mendapatkan piagam ini hanya SMPN 1 Kota Jambi. Baik tingkat SD, SMP dan SMA. Disatu pihak kami bangga dan dilain pihak kita prihatin, kerana se-Provinsi Jambi hanya 1 sekolah yang mendapatkan penghargaan ini,” ujar Kepala SMPN 1, Nanang Sunarya, SPd, MPd kemarin.

Dikatakannya, penilaian ini dilakukan oleh Kemendikbud melalui analisi hasil ujian nasional siswa. Seperti menganalisi antar siswa, jawaban antar siswa sama atau tidaknya. Untuk SMPN 1 memiliki indek integritas Ujian Nasional dikuadrat yang integritasnya bagus dan nilainya juga bagus.

“Kemendikbud menganalisis hasil nilai Ujian Nasional selama 5 tahun berturut-turut dan tahun ini di umumkan. Tentunya hal ini adalah upaya bersama dari keluarga besar SMPN 1 yang dilakukan menjalang UN,” bebernya.

Dalam melakukan persiapan UN, banyak hal yang dilakukan. Mulai dari memberikan penguatan informasi kepada siswa dalam menyiapkan UN, mengingatkan agar jangan percaya isu kunci jawaban atau kunci jawaban yang bisa dibeli.

“Kita juga menanamkan kepercayaan diri kepada siswa dalam menghadapi UN. Dengan persiapan yang sangat maksimal, kita jauga persiapkan bagi hal-hal yang terkait dengan kontek kejiwaan siswa, seperti adanya kegiatan prosesi cuci kaki ibu,” jelasnya.

Dirinya berharap, agar di Jambi ini ke depan akan lahir sekolah-sekolah yang memiliki indek integritas  yang baik. “Semoga ini akan memacu semangat siswa untuk berintegritas, agar jujur dalam UN. Apalagi tahun ini SMPN 1 juga akan mengadakan UN CBT, maka tingkat kecurangan akan semakin minin dan UN tahun ini dapat berjalan lancar,” tutupnya.

(lia/adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: