Daihatsu Peringkat Dua Pasar Otomotif
JAMBI - Daihatsu menutup tahun 2015 dengan prestasi memuaskan dengan menempati peringkat dua pasar otomotif nasional pada tahun 2015. Meskipun terjadi penurunan penjualan di pasar otomotif domestik serta kompetisi yang semakin ketat, Daihatsu berhasil meraih wholesales 167.808 unit, dan retail sales 166.567 unit.
Dengan pencapaian ini, Daihatsu memantapkan diri di peringkat kedua volume dan pangsa pasar otomotif nasional selama tujuh tahun terakhir, yaitu dari tahunn 2009 sampai dengan 2015. Untuk wholesales tahun 2015, Gran Max menjadi penopang utama penjualan Daihatsu dengan kontribusi penjualan sebanyak 75.083 atau 44.7 persen yang merupakan gabungan dari Gran Max Pick Up sebanyak 59.512 unit atau 35.5 persen dan Gran Max Minibus 15.571 unit atau 9.3. “Kontributor kedua terbesar adalah MPV Great New Xenia sebanyak 36.262 unit atau 21.6 persen. Sedangkan Astra Daihatsu Ayla menjadi kontributor ketiga dengan penjualan 35.084 unit atau 20.9 persen,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.
Selanjutnya adalah SUV Daihatsu Terios menyumbang 13.375 unit atau 8 persen, New Luxio sebanyak 4.242 unit atau 2.5 persen, Sirion 3.748 unit atau 2.2 persen dan Copen sebanyak 14 unit. Sementara untuk retail sales tidak jauh berbeda dengan wholesales. Penjualan Gran Max mencapai 73.049 unit atau 43.9 persen yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 58.121 unit atau 34.9% dan Gran Max Minibus 14.928 unit atau 9 persen. Disusul Astra Daihatsu Ayla sebanyak 36.468 unit atau 21.9 persen. MPV Great New Xenia di tempat ketiga berkontribusi 35.057 unit atau 21 persen. Sementara produk Daihatsu lainnya yaitu Terios menyumbang 14.301 unit atau 8.6 persen, NewLuxio 4.232 unit atau 2.5 persen dan Sirion sebanyak 3.587 unit atau 2.1 persen, serta Copen 14 unit.
Amelia mengaku bangga atas pencapaian tersebu, Astra Daihatsu Motor (ADM) mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia kepada Daihatsu, sehingga wholesales Daihatsu mencapai 167.808 unit, atau meraih pangsa pasar 16,6 persen, dan retail sales mencapai 166.567 unit atau pangsa pasar 16,2 persen. “Prestasi ini menjadi hadiah tahun baru sebagai modal penyemangat kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik di tahun 2016, bagi sahabat pelanggan Daihatsu di seluruh Indonesia,” ungkapnya.
(kar)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: