STAI Ma’arif Gelar Pelatihan Community Engagement

STAI Ma’arif Gelar Pelatihan Community Engagement

JAMBI-Dalam rangka mengimplementasikan kegiatan Short Course Community Outreach (SCCO) India yang dikuti salah seorang dosen belum lama ini, maka STAI Ma’arif Jambi menggelar Sosialisasi Pelatihan Community Engagement pada Minggu (17/01) di Pondok Pesantren Alqur’an Salafiah Kebon IX.

                Hadir dalam acara ini Ketua Yayasan, Ketua STAI Ma’arif Jambi, Kepala Desa Kebon IX, Pimpinan Pondok Pesantren Alqur’an Salafiah beserta ustad-ustazah, dosen, masyarakat, mahasiswa dan santri Pondok Pesantren Alqur’an Salafiah.

                Dalam sambutannya Ketua Yayasan Pendidikan Bintang Sembilan, Dr. Rahmad Nasution, MAg mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali digelar STAI Ma’arif Jambi. Ilmu yang diterapkan dilokasi ini didapatnya jauh dari India melalui salah seorang dosennya.

                “Maka kita pilih lokasi yang paling dekat dengan kampus kita yaitu di Ponpes Alqur’an Salafiah Talang Belido Desa Kebon IX ini. Kegiatan ini intinya pengabdian masyarakat kampus STAI Ma’arif Jambi,” ujar Rahmad kemarin.

                Diharapkan dari kegiatan ini tidak hanya Ponpes Salafiah saja, tetapi disosialisasikan kepada masyarakat di Talang Belido Desa Kebun IX Kecamatan Sungai Gelam agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luar.

                “Kita harapkan kegiatan ini berhasil dan bermanfaat bagi Pondok Pesantren Alqur’an Salafiah dan masyarakat Desa Kebon IX umumnya,” harapnya.

                Pihaknya juga bangga, karena salah seorang dosen bisa kegiatan ini yang digelar Kemenag RI untuk pelatihan selama sebulan di India. Dimana hanya 14 dosen se-Indonesia yang ikut pelatihan ini, khusus di Sumateria hanya perwakilan Aceh dan Jambi, khusus Jambi diwakili STAI Ma’arif Jambi.

                Ketua Panitia, Dyki Pranata Kusuma mengatakan, kegiatan ini merupakan follow up dari kegiatan Short Course Community Outreach (SCCO) India bekerjasama dengan Pusat Penelitian (Puslit) dan Lemabga Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) STAI Ma’arif Jambi.

                “Makanya kita menggelar sosialisasi dan pelatihan ini. Ada 3 item akan dilaksanakan yaitu penyulingan air, pembuatan bio arang dan pembuatan pupuk kompos. Kegiatan ini diikuti 100 orang warga, santri dan mahasiswa STAI Ma’arif Jambi,” ujar Dyki.

                Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Kebon IX,” harapnya.

 (kta/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: