Hadapi MEA, Bungo Siap Bersaing

   Hadapi MEA, Bungo Siap Bersaing

MUARA BUNGO - Kadis Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi Bungo, Ratdiyos,o‎ mengatakan, pihaknya sudah  memberi pelatihan - pelatihan kepada masyarakat, sehingga nantinya siap menghadapi pangsa lapangan kerja.

‘’Harapannya setelah mereka punya keterampilan bisa  masuk dan bekerja di perusahaan. Kemudian diharapkan mereka bisa mandiri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA,\" kata Ratdiyoso, Selasa (12/1) kemarin.

Dikatakannya, selain dilakukan pelatihan, pihaknya juga memberikan sertifikat kepada masyarakat yang sudah dilatih, baik dari Balai Latihan Kerja (BLK) maupun swasta, selain sebagi bukti pelatihan juga bertujuan agar mereka bisa berkompetisi.

 Saat ini, telah keluar surat edaran bupati, di mana setiap perusahaan harus merekrut 70 persen tenaga kerja asal Bungo, sisanya boleh dari daerah lain maupun luar negeri.

\"Jika pihak perusahaan ingin merekrut tenaga kerja mereka harus melapor, sudah direkrut kita lihat datanya.  Kalau mereka melanggar edaran, akan dikasih teguran. Pernah terjadi perusahaan sawit, sudah hampir 40 persen tenaga luar daerah, mereka bilang butuh tenaga kerja terampil, kita minta kebutuhannya apa, kita siapkan. Akhirnya mereka ikut edaran,\" tutupnya.

 (Hnd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: