Soal Tes CPNS Baru Diterima Menpan

Soal Tes CPNS Baru Diterima Menpan

 JAKARTA – Kabar baik bagi masyarakat yang menunggu-nunggu apakah bakal ada tes CPNS baru tahun ini. Meski moratorium rekrutmen masih berlangsung, pemerintah tetap membuka lowongan CPNS baru dalam jumlah terbatas. Kemarin Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menerima 18.820 butir soal tes CPNS baru 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Perinciannya adalah 4.817 butir soal tes karakteristik pribadi (TKP), 8.001 butir tes intelegensi umum (TIU), dan 6.002 butir soal tes wawasan kebangsaan (TWK). Seremoni penyerahan 18 ribu butir soal yang tersimpan dalam sekeping CD itu dipimpin langsung oleh Yuddy bersama Mendikbud Anies Baswedan. Seusai serah terima Yuddy menegaskan masyarakat jangan lantas beranggapan bahwa bakal ada tes CPNS baru secara massal seperti biasanya.

’’Pemerintah belum ada rencana untuk membuka tes CPNS baru. Ini hanya soal ujian untuk antisipasi jika nanti dibuka tes CPNS baru,’’ kata menteri asal Bandung itu. Yuddy menjelaskan baik itu kuota, tanggal pelaksanaan, dan urusan teknis rekrutmen CPNS baru lainnya sama sekali belum ada ketetapan sampai sekarang.

 

Yuddy menceritakan bahwa kebijakan moratorium CPNS baru tetap berjalan. Sehingga kalaupun nanti dibuka lowongan CPNS baru, jumlah dan formasinya sangat terbatas. Dia mengatakan CPNS baru hanya dibuka untuk formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga keamanan, dan sekolah kedinasan.

’’Tidak mungkin ada guru yang pensiun terus dibiarkan kosong. Nanti yang mengajar anak-anak kita siapa,’’ katanya. Begitupuna di lingkungan medis, Yuddy mengatakan tidak mungkin pemerintah membiarkan puskemas kosong tanpa ada perawat, bidang, maupun dokter umum.

Khusus untuk rekrutmen CPNS formasi guru adakan dikoordinasikan dengan Kemendikbud. Sebab rekrutmen guru ini terkait dengan program Guru Garis Depan (GGD) Kemendikbud. Dalam program ini guru akan ditempatkan di daerah terpencil. Pendaftarnya juga bukan sembarang sarjana guru, tetapi alumni program sarjana mendidik di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (SM3T).

Kalaupun nanti tes CPNS dibuka, Yuddy menjamin akan berlangsung secara jujur. Dia mengatakan tidak akan ada KKN dalam bentuk suap atau sogokan. Dia menuturkan aparatur CPNS baru yang direkrut harus sosok yang berkarakter.

 

Mendikbud Anies Baswedan mengucapkan terima kasih karena dipercaya membuat soal tes CPNS baru. Dia mendukung pelaksanaan tes CPNS baru secara adil dan tanpa ada nuansa KKN. ’’Jangan sampai masih ada yang bilang, saya masuk tanpa bayar tetapi dia itu yang bayar,’’ kata Anies. Dia berharap seluruh CPNS diterima tanpa ada yang menyuap satu orangpun.

(wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: