Warga Bahu Membahu Bangun Jalan dan drainase

Warga Bahu Membahu Bangun Jalan dan drainase

KOTA BARU - Program pembangunan melalui bangkit berdaya mengundang antusisme warga dalam berpatisipasi mengerjakan berbagai perbaikan yang diajukan baik berpa jalan lingkungan maupun parit jalan. Hal ini diungkapkan oleh Agung Hidayat, lurah Paal Lima Kecamatan Kota Baru.

Dia mengatakan di tahun 2016 ini mengajukan sedikitnya 100 pengajuan pada musrenbang. Diantara pengajuan itu juga diusulkan dalam program bangkit berdaya, mengingat usulan bangkit berdaya harua terlebih dahulu diajukan pada musrenbang. \"Jadi ada beberapa usulan yang kita masukkan dalam bangkit berdaya, pada umumnya berupa jalan lingkungan dan parit jalan,\" katanya.

Diakuinya, partisipasi warga terhadap pembangunan berbasis gotong royong cukup tinggi. Warga secara bersama-sama merencanakan hari yang tepat untuk mengejakan proyek tersebut. Selanjutnya, warga pula lah yang bersama-sama mengerjakannya. Ada yang menyumbang tenaga, menyumbang material tambahan, atau pun sumbangan konsumsi. Selain itu, pengerjaannya juga cepat. Maksimal 3 telah selesai.

\"Dengan berbasis gotong royong seperti itu hasilnya sangat memuaskan, yang direncanakan hanya beberapa meter bisa bertambah lebih dari target pengerjaan,\" ungkapnya.

Untuk jalan Lingkungan, Agung menyebutkan 90 Persen sudah dalam kondisi baik dan bagus. Hanya saja, di tahun 2016 ini yang menjadi skala prioritas umum adalah perbaikan drainase di RT 13. Jalur tersebut harus diperbaiki agar aliran airnya menjadi lancar.

 (azz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: