Guru Harus Buat Alat Peraga

Guru Harus Buat Alat Peraga

JAMBI-Guru merupakan aktor terpenting dari berhasil tidaknya peserta didik di sekolah. Keberhasila siswa di sekolah sesuatu yang mustahil tanpa didahului dengan kualitas gurunya.

Menurut Kepala SDN 204 Kota Jambi, Halimah, SPd bahwa  sudah cukup banyak program yang dilaksanakan mengarah pada peningkatan kualitas gurunya. Salah satu adalah presentasi alat peraga. Guru diharapkan setiap bulannya membuat sekurang-kurangnya satu alat peraga.

“Alat peraga ini akan digunakan pada salah satu materi ajar yang akan diajarkan. Agar alat peraga yang dibuat oleh guru tersebut berhasil, maka terlebih dahulu dijelaskan cara kerja dan pemanfaatannya di depan kepala sekolah dan teman-teman guru lainnya,”ujarnya.

Menurutnya, pertemuan diadakan sebulan sekali, diamana masing-masing guru telah siap dengan alat peraga yang telah dibuatnya sendiri. Mereka bergilir mempresentasikan alat peraga tersebut dan guru lainnya memberi masukan.

“Kami sudah terbiasa menjelaskan alat peraga yang kami buat di depan teman-teman. Bahkan juga di depan kepala sekolah dan kadang di depan pengawas,” bebernya.

Diharapkan, kebiasaan membuat alat peraga sendiri oleh guru mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas guru. “Jika hal itu sudah muncul pada guru, maka akan mudah mengarahkan siswa menjadi lebih kreatif pula,” akunya.

Selain program tersebut, sekolah ini, juga melakukan kegiatan mingguan yang dilakukan tiap Jumat. Program ini dinamai Briefing Jumatan. Sebelum pembelajaran dimulai, guru bertemu dengan kepala sekolah membicarakan hal-hal yang dianggap penting selama seminggu.

“Tidak hanya HP yang perlu dicharge, guru juga perlu,” katanya. Kejadian-kejadian penting termasuk kendala yang dihadapi guru dibicarakan dalam briefing tersebut. 

 (lia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: