Guru Harus Jadi Idola Bagi Siswanya

Guru Harus Jadi Idola Bagi Siswanya

JAMBI-Guru tidak hanya dituntut mengajar dengan baik, tetapi harus bisa menjadi idola bagi siswa. Dengan menjadi idola, maka siswa akan semakin mudah dikontrol. Menurut Kepala SMPN 2 Kota Jambi, Yasmir Yanto, SPd tipe guru seperti ini sangat membantu dalam mendidiknya siswanya. 

“Betapa bahagianya menjadi seorang guru yang penuh kharisma dihadapan siswanya. Sosok guru yang kehadirannya dirindukan, diamnya disegani, tutur katanya ditaati dan kepergiannya ditangisi,” ujar Yasmir kemarin.

Untuk bisa menjadi guru yang diidolakan. tentu harus melakukan banyak hal. Mulai dari persiapan dalam mengajar, strategi membuat siswa belajar dengan senang, menguasi apersepsi, mampu memahami karakter siswa dan cerdas dalam mengemas rencana pembelajaran serta mengaplikasikannya.

Menjadi guru yang diidolakan katanya adalah impian setiap guru. Namun, dia juga tidak yakin jika semua guru menginginkan hal itu. Mungkin bisa terlihat dari cara guru mengajar sehari-hari. Tak jarang guru yang asal mengajar seperti halnya asal gugur kewajiban saja.

“Kita tidak ingin ini terjadi sama guru-guru disini. Jika ada, sudah pasti saya panggil. Saya selalu wanti-wanti sama guru untuk mengajar secara profesional,” pintanya.

Sejauh ini penyelenggaraaan pendidikan di sekolah yang ia pimpin cukup baik. Selain mendapatkan pengawasan dari  Diknas Kota Jambi, dirinya juga kerap memantau guru saat proses KBM.  Tujuannya untuk memastikan bahwa guru selalu memberikan terbaik untuk siswanya.

 (lia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: