Berikan arahan dan bimbingan pada anak saat menonton TV

Berikan arahan dan bimbingan pada anak saat menonton TV

JAMBI- Beragam program acara meghiasi siaran televisi di tanah air. Mulai dari siaran edukasi hingga sinetron percintaan. Syafrin, BA, S.Pd.I Kepala MIN Model menilai tidak semua tayangan layak dikonsumsi anak-anak. 

Menurutnya, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengarahkan serta membimbing terhadap apa yang ditonton anak-anak mereka. “ Sebagai seorang kepala dan guru yang berperan sebagai pengajar dan pendidik. Dia merasa berkewajiban mengingatkan khususnya kepada orang tua untuk sama-sama menjaga dan mengawasi keseharian anak. Hal itu dimaksudkan agar antara madrasah dan orang tua saling bersinergi dalam membentuk karakter anak,”ujarnya

Ia juga menambahkan, sebuah lembaga pendidikan memiliki tanggungjawab besar dalam membangun pribadi anak. Bukan hanya di bidang pengetahuan namun lebih menjurus pada budi pekerti anak. Sudah sepatutnya, peran ini didukung oleh para orang tua.

Sebab katanya, dunia pendidikan saat ini di serang oleh arus informasi yang begitu cepat. Salah satunya lewat internet. Tidak semua hal positif disajikan. Justru sebaliknya, lebih dominan informasi yang berbau kriminal dan pornografi. Sehingga, tak jarang banyak yang menjadi korban.

“Kalau di rumah, tentu orang tua yang sangat berperan membimbing dan mengawasi anak. Mengingatkan kembali untuk selalu mengerjakan hal-hal positif yang telah diajarkan para guru di madrasah/sekolah. Sehingga pola pikir dan perilaku anak akan selalu baik,” katanya.

 (lia)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: