RUMAH: Pada tahun ini Perumnas menargetkan akan membangun sebanyak 200 unit rumah

RUMAH: Pada tahun ini Perumnas menargetkan akan membangun sebanyak 200 unit rumah

Perumnas Targetkan 200 Unit

JAMBI - Untuk menjawab kebutuhan rumah masyarakat, Perumnas sebagai badan usaha milik Negara (BUMN) menargetkan akan membangun sedikitnya 200 unit rumah bersubsidi di Jambi tahun 2016.

Target ini terbilang realistis, mengingat daya beli masyarakat masih belum stabil, terutama masyarakat kelas menengah. Hal ini dikarenakan target market rumah yang ditawarkan perumnas kebanyakan berasal dari masyarakat kelas menengah.

Manager Cabang Perumnas Jambi, Masdon, menjelaskan, pada dasarnya target yang diinginkan dari Perum Perumnas Regional II cukup besar yaitu dua kali lipat dari target tahun ini. Namun, target tahun ini yaitu sebanyak 154 unit, maka apabila meningkat dua kali lipat yaitu sebanyak lebih dari 300 unit rumah. Memang target ini tentunya memberikan kontribusi nyata membangun rumah untuk mengurangi backlog di Wilayah Jambi.

“Kita lebih realistis saja, agar bisa menggerakkan perekonomian dengan pembangunan serta penyerapan tenaga kerja yang merata,” jelasnya.

Pada dasarnya target kedepan ingin memperbanyak pembangunan rumah bertujuan supaya program pemerintah yang punya target satu juta rumah setahun bisa tercapai. Tahun depan direncanakan juga ada program DP 1 persen untuk PNS dan TNI, ini agar lebih mempermudah memliki rumah dengan angsuran yang sama dengan konsumen dari umum. Program DP 1 persen dari harga rumah ini sama dengan DP hanya sebesar Rp 1 juta, beberapa daerah lain di Indonesia sudah menerapkan program ini, hanya saja Jambi belum dan segera akan menerapkannya.

Masdon menambahkan, rumah yang dibangun Perumnas dengan tipe 36/96 sudah disediakan dengan konsep layak huni dilokasi yang strategis yaitu di Perumahan Griya Sungai Duren. Bahkan untuk mempermudah masyarakat memiliki rumah bersubsidi, Perumnas memberikan keringanan uang muka paling tinggi Rp 6,4 juta sudah bisa memiliki rumah untuk hunian maupun investasi. “Harga rumah yang ditawarkan senilai Rp 110 juta, apabila tahun depan ada penyesuaian harga, maka Perumnas juga akan menyesuaikannya,” sebutnya.

Selain itu, ditargetkan juga mulai pembangunan rumah komersil pada tahun depan yaitu rumah tipe 45 dan 36. Pada tahap awal akan dibangun rumah contoh terlebih dulu masing-masing sebanyak 5 unit, sehingga apabila ada konsumen yang menginginkannya bisa langsung huni. “Tahun ini rumah subsidi subsidi kita terjual sebanyak 63 unit, diharapakan tahun depan lebih baik lagi seiring daya beli masyarakat yang membaik,” imbuh Masdon.

(kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: