Segera Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Segera Terapkan Kantong Plastik Berbayar

 

JAMBI – 2017, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan menerapkan kantong plastic berbayar setiap tempat belanja dan pasar tradisional. Itu dilakukan untuk mengurangi sampah yang ada di Kota Jambi.

Sekretaris BLH Kota Jambi, Syukur, mengatakan, 2016, Pemkot Jambi akan melakukan sosialisai kepada masyarakat. “Kita sosialisasi terlebih dahulu,” katanya. Pemkot Jambi juga sudah menerima Surat Edaran (SE) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Februarui ini.

                “Tidak bisa jika tak dilakukan sosialisasi,” akunya.

Kemarin (21/2), digelar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kota Jambi. Acara digelar oleh Himpunan  Mahasiswa Teknik Lingkungan bekerjasama dengan Bank Sampah Bangkitku, BLH, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Jambi.

                Ratusan peserta mengikuti peringatan HPSN itu. Aksi itu dilakukan dalam rangka memperingati meledaknya TPA Leuwi Gajah di Kabupaten Bandung, Jawabarat. Insiden itu memakan banyak korban. Acara ini juga mewujudkan Indonesia bebas sampah 2020.  

Syafrudin, Kabid Kebersihan DKPP Kota Jambi mengatakan, kegiatan dilakukan di Kota Jambi, Telanaipura dan Kantor Pos Pasar Kota Jambi dengan lingkungan Jembatan Gentala Arassy.

“Ini langkah awal menuju Kota Jambi bebas sampah 2020,” jelasnya.

Direktur Bank Sampah, Iman Irawan, mengatakan, selain memperingati hari peduli sampah Nasional, ini juga merupakan kegiatan untuk mengurangi sampah di Kota Jambi.  “Melalui aksi ini akan banyak masyarakat yang peduli pada sampah,” ujarnya.

Terkait langkah berkelanjutan yang akan dilakukan? Pemkot Jambi harus segera menerapkan kantong plastic berbayar di swalayan maupun pasar tradisional.

“Kegiatan ini nantinya akan dilakukan terus manerus, Pemkot harus dukung,” pungkasnya.

(Mg1/Mg5)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: