Microsoft YouthSpark Rangkul Pengusaha Muda

Microsoft YouthSpark Rangkul  Pengusaha Muda

JAMBI-Titik kedua Microsoft YouthSpark  kemarin terlaksana di Jambi. Dengan konsep bazar pengusaha muda, Microsoft YoulthSpark menggandeng pengusaha muda Jambi yang notabene adalah para siswa SMA dan SMK di Kota Jambi.

 Sulistyaning Palupijati, Program Director HOpE  YCAB Foundation menjelaskan, kegiatan ini sengaja dikemas dalam bentuk bazaar. Tujuannya  untuk memperkenalkan pengusaha muda Jambi yang sebelumnya sudah mendapatkan pendampingan dari Microsuft YoultSpark kepada Dinas UMKM Provinsi Jambi dan HIMPI Kota Jambi.

“Harapannya gini, setelah mereka lepas dari pembimbingan kami, mereka bisa mendapatkan pembimbingan terutama pemasaran dari pemerintah dan HIPMI,” tegasnya.

Dirinya menjelaskan,YouthSpark  merupakan salah satu program Microsoft yang mengajak anak muda untuk menemukan kesempatan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan. Sebelumnya, pada Oktober 2014, Microsoft Youth Spark memberikan kesempatan kepada 2.000 pengusaha muda Jambi. Kesempatan ini diberikan kepada anak muda  pra-sejahtera yang mempunyai minat dan antusiasme untuk merealisasikan   ide bisnis mereka serta memberikan pendampingan selama mereka  menjalankan usaha.

“Setelah melewati proses pendampingan, inilah  hasilnya sekitar 50 pengusaha muda yang bertahan,diantaranya kebanyakan adalah usaha dibidang kuliner,peternakan dan cindera mata,” sebutya.

“Kami juga surprise dengan anak muda di Jambi ini, mengapa  sebab kami menilai anak mudanya  jauh memiliki ide usaha yang kreatif. Bahkan jika dibandingkan saat bazaar di Jakarta kemarin, ini jauh diatasnya,” tambahnya.

 Program YouthSpark ini sejalan dengan salah satu program YCAB Foundation yaitu Hands-on Operation for Entrepreneurship/Employment  (HOpE). Sejak bekerjasama dengan Microsoft Youth Spark , program HOpE memberikan pelatihan  kepada lebih dari 3 ribu anak muda pra- sejahtera dan mampu menghasilkan  lebih dari 300 usaha kecil  dan penerima pinjaman mikro. Persentase kesuksesan program ini mencapai 10 persen melebihi rata-rata persentase pelatihan kewirausahaan global yakini 5 sampai 7 persen.

YothSpark pertama diadakan di Jakarta tahun 2013, lalu dilanjutkan ke Jambi sebagai Kota Kedua. Kedua kota ini berfokus pada program  kewirausahaan.  Mengenai target sendiri, YouthSpark sendiri tidak memiliki target khusus untuk jumlah pengusaha muda yang harus di rangkulnya. Melainkan YouthSpark memiliki tujuan utama untuk merubah mainset anak muda Jambi  agar lebih kreatif berwirausaha.

(yni)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: