Air Sungai Batanghari Terus Menyusut

Air Sungai Batanghari Terus Menyusut

JAMBI – Sudah dua pekan hujan tak lagi membasahi Bumi Tanah Pilih Pusako Betuah, Kota Jambi. Ini membuat air Sungai Batangahri terus mengalami pendangkalan. Kini kedalaman Sungai Batanghari hanya 7,75 meter.

Udin, Penjaga Pintu Air di Kawasan Tanggo Rajo, Ancol, Kota Jambi mengatakan, kedalaman Sungai Batanghari Rabu (2/8) hanya 7,75 meter. “Sehari sebelumnya debit sungai 8 meter,” katanya, kemarin.

Mendangkalnya debit Sungai Batanghari itu disebabkan tak ada turun hujan sejak beberapa pekan terakhir. \"Mungkin karena cuaca ini panas terus,\" ujarnya.

Dia memprediksikan akan terus terjadi pendangkalan. Paslanya di wilayah huluan juga belum ada turun hujan. “Kemungkinan bakal surut lagi,” sebutnya.

Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Jambi, Ridwan mengatakan, jika kondisi air berada di 8-12 meter, maka, hal itu masih tergolong normal. Namun, jika sudah dibawah 8 meter, itu sudah masuk musim kemarau. Ia mengatakan, berdasarkan perkiraan BMKG, musim kemarau jatuh pada bulan Juli, dan puncaknya akan terjadi pada Oktober mendatang.

“Makanya mulai sekarang kita harus menghemat air, meskipun masih ada hujan,” katanya.

Karena itu, untuk meminimalisir kekurangan air, masyarakat diminta untuk menggunakan air sesuai dengan kebutuhan dan tidak boros.

“Kami juga sudah keluarkan surat himbauan ke lurah dan camat. Saya minta itu di sosialisasikan ke warga-warga,” pungkasnya.

(hfz)

Sumber: