Komitmen Bangun Kamtibmas di Kota Jambi, Sinergitas Pemkot Jambi-Polri

Komitmen Bangun Kamtibmas di Kota Jambi, Sinergitas Pemkot Jambi-Polri

JAMBI - Sebagai ibukota Provinsi Jambi, Kota Jambi bertransformasi menjadi kota besar yang paling dinamis dalam berbagai aspek. Berbagai tantangan, peluang, dan berbagai kompleksitas permasalahan, senantiasa mengiringi geliat dinamika pembangunanTanah Pilih Kota Jambi.

Sebagai kota besar yang dihuni oleh 732.479 orang jiwa penduduk (2017) dan dengan laju pertumbuhan pertumbuhan penduduk sebesar 3.14%, Kota Jambi tentu saja memiliki berbagai kompleksitas permasalahan, terutama yang berkaitan dengan Kamtibmas (keamaman dan ketertiban masyarakat). Ditambah pula dengan komposisi heterogenitas masyarakat yang multikultur, agama, ras, tentu saja juga memiliki potensi dan kerawanan kamtibmas.

Namun potensi kerawanan dan ancaman kamtibmas tersebut, bukan merupakan masalah besar di Kota Jambi. Sinergitas antara pemerintah daerah (Pemkot Jambi) dan aparat keamanan, merupakan kunci utama berhasilnya upaya tersebut.

Terutama sinergitas antara Pemerintah Kota Jambi bersama Kepolisian Republik (Polri), yang telah terjalin dan terbina dengan baik selama ini, telah membuahkan hasil yang positif dalam upaya penegakkan hukum dan terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Jambi.

Berbagai langkah nyata sinergitas tersebut antara lain adalah dengan dilibatkannya berbagai aspek kamtibmas dalam program kegiatan dan berbagai inovasi yang di hadirkan oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam memimpin Kota Jambi. Seperti, dimasukkannya indikator keamanan lingkungan sebagai poin penting penilaian program Kampung Bantar di setiap RT dalam Kota Jambi. Melalui program Kampung Bantar, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat oleh Bhabinkamtibmas Polri dalam menjaga keamanan lingkungan akan menjadi kunci utama keberhasilan penilaian wilayah tersebut untuk menjadi pemenang penilaian Kampung Bantar.

Pemkot Jambi juga giat mendorong penguatan peran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dalam mewujudkan dan menjaga stabilitas kamtibmas di daerah. Berbagai langkah nyata telah berhasil dilaksanakan secara bersama dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dimasa kepemimpinan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Seperti gebrakan Pemkot Jambi bersama Polri dan TNI dalam memberantas peredaran narkoba di Kampung Pulau Pandan, yang menjadi tonggak sejarah dimulainya operasi pemberantasan di kawasan tersebut.

Berbagai operasi bersama juga telah berhasil dilaksanakan oleh Pemkot Jambi bersama institusi Polri dalam menekan dampak masalah sosial dan kamtibmas di Kota Jambi, seperti operasi bersama memberantas penyakit masyarakat (narkoba, miras, prostitusi), penanggulangan ancaman terorisme, konflik horizontal di daerah, penegakkan budaya tertib lalu lintas, kegiatan gotong royong dan sosial bersama lainnya.

Berbagai aspek dan bentuk langkah nyata berbagai sinergitas tersebut juga hadir dalam wujud lainnya, yaitu kesungguhan dan komitmen Pemerintah Kota Jambi mengalokasikan sejumlah anggaran pada APBD Kota Jambi, guna mendukung upaya Polri dalam  penegakkan kamtibmas di Kota Jambi.

Dukungan APBD tersebut antara lain, dialokasikannya anggaran untuk revitalisasi poskamling melalui dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Jambi dan melalui Program Bangkit Berdaya di setiap Kecamatan di Kota Jambi. Revitalisasi infrastruktur milik Polri juga tidak luput dari perhatian Pemkot Jambi. Pada tahun 2017 ini, Pemkot Jambi telah mengalokasikan dana APBD untuk merevitalisasi Kantor Polsek Pasar Jambi, Danau Teluk, Pelayangan dan Ruang tahanan Polresta Jambi.

Dukungan efektifitas operasionalisasi Polri juga mendapat dukungan penuh dari Pemkot Jambi dalam bentuk dukungan hibah kendaraan dinas operasional roda dua baginseluruh Bhabinkamtibmas Polri di seluruh kelurahan di Kota Jambi dan kendaraan operasional roda empat bagi Polresta Jambi.

Perhatian besar terhadap keselamatan lalu lintas di Kota Jambi juga akan segera terwujud dengan akan direalisasikannya pembangunan Green Jambi Safety Driving Center yang berlokasi di Hutan Kota Bagan Pete, yang akan di serahkan langsung oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. kepada Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha hari ini.

Berbagai sinergitas tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Jambi bersama Polri dan stake holder lainnya dalam mewujudkan upaya terpeliharanya kamtibmas di Kota Jambi, agar Kota Jambi senantiasa menjadi kota yang nyaman, aman, dan harmoni. (hms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: