Gunung Kerinci Milik Jambi , Warga Jangan Terprovokasi

Gunung Kerinci Milik Jambi , Warga Jangan Terprovokasi

KERINCI - Peta Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di dalamnya memasukkan kawasan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh ke dalam wilayah Sumbar, dalam beberapa hari terakhir viral di Media Sosial (Medsos).

Imbasnya, muncul kegelisahan dari para netizen Provinsi Jambi yang menyebut ada upaya dari Sumbar mencaplok wilayah tersebut yang notabenenya brand dari Provinsi Jambi. Hanya saja, sejauh ini belum diketahui tahun berapa peta tersebut dibuat dan untuk kepentingan apa

Penilaian ini tentu cukup masuk akal. Pasalnya, sebelumnya sudah ada upaya untuk membuka jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan, Sumbar. Padahal, sudah ada jalur utama pendakian via Kersik Tuo, Kerinci.

 \"Graphic

Sampai saat ini, Kerinci masih menjadi brand wisata Provinsi Jambi, salah satunya itu karena ada Gunung Kerinci

Zumi Zola - Gubernur Jambi

 

Bupati Kerinci, Adirozal, menanggapi isu tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci tidak perlu menanggapi serius terkait isu yang beredar klaim dari Sumatra Barat, Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh termasuk wilayah mereka. ‘‘Tidak usah resah, tidak semudah itu memindahkan. Peta wilayah dibuat Kementrian Dalam Negri, hingga sejauh ini belum ada laporan dari pusat itu akan pindah. Namanya aja sekarang masih Gunung Kerinci, bukan Gunung Solok,’‘ ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Kerinci untuk tenang dan jangan terlalu cepat termakan isu seperti itu. Pastikan dan kaji terlebih dahulu ketika melihat suatu informasi di Medsos. ‘‘Yang penting warga tenang saja menghadapi itu, buktinya itu masih punya kita, bahwa seputaran itu yang berladang masih merupakan warga kita semua,’‘ jelasnya.

Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, juga mengatakan terkait masalah Gunung Kerinci yang akhir-akhir ini senter di medsos masuk wilayah Solok Selatan. Ia menegaskan itu adalah tidak benar alias berita hoax. ’‘Saya sudah koordinasi langsung dengan Karo Hukum Pemprov Jambi,  berdasarkan peta dan batas wilayah,  Gunung Kerinci masuk wilayah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi,’‘ jelasnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Kerinci ini juga mengharapakan kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi terkait pemberitaan tersebut. ‘‘Masyarakat diharap tenang jangan mau terprovokasi atau terpengaruh dengan isu tersebut. Karena secara historis maupun fakta, Gunung Kerinci adalah wilayah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi,’‘  ungkapnya.

Sementara itu anggota Komisi 1 DPRD Kerinci, Dodo Haryanto, dikonfirmasi mengatakan bahwa ia meminta kepada Diaporaparbud Kerinci untuk memastikan dan mencari informasi kebenaran isu klaim perbatasan tersebut. ‘‘Kami meminta kepada Disporaparbud Kerinci untuk menulusuri dan mempertanyakan terkait kebenaran isu tersebut,’‘ ujar Dodo.

\"Keindahan

Pasalnya sambung Dodo, jika nanti ternyata itu benar, maka sebagai anggota DPRD Kerinci, pihaknya harus mengkaji langkah apa yang harus dilakukan. ‘‘Infonya jika memang itu benar, maka DPRD Provinsi Jambi akan membawa itu keranah hukum. Maka nantinya, kita juga harus menyiapkan apa yang harus dilakukan,’’ sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: