ASN Terlibat Pungli Akan Disanksi

ASN Terlibat Pungli Akan Disanksi

 JAMBI - Terkait operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli Kota Jambi terhadap ASN Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD) Kota Jambi, Walikota Jambi Sy Fasha angkat bicara.

Fasha mengatakan, dirinya tidak ingin lagi mendengar ada ASN Kota Jambi yang melakukan pungli. 

“Saya tidak mau dengar ada pungli lagi di ASN Kota Jambi. Karena disini juga nanti akan ada UPTD Dukcapil dan ada Paten. Biasanya didua keguatan ini rawan pungli,” tegas Fasha kemarin.

Ia menyebutkan, oknum ASN yang diciduk Tim Saber Pungli ini, berawal laporan masyarakat dan pihak ketiga. Ada permintaan dan penekanan dengan bahasa yang tidak enak, sehingga membuat dirinya risih.

“Makanya saya perintahakan Tim Inspektorat dan Tim Saber Pungli mengawasi itu, sehingga hasilnya kemarin tertangkap,” aku Fasha.

Lebih lanjut Fasha mengingatkan kepada seluruh pejabat dan ASN Pemkot Jambi yang terkait dengan pelayanan publik, jangan merusak wibawa pemerintah yang sudah dibangun selama 4 tahun terakhir.

Sebagai pememipin Fasha mengku sudah membuat kesejahteraan lebih terhdap ASN, setiap tahun TKD dinaikan. “Jangan terulang lagi. Ada beberapa OPD yang saya intip, jika tidak berubah, maka akan ada OTT selanjutnya,” imbuh Fasha.

“Jangan ciderai kepercayaan masyarakat kepada kita,” pinta Fasha.

Ke depan Fasha akan memindak tegas ASN yang terlibat Pungli tersebut. Ia masih menuggu hasil pemeriksaan oleh Tim Saber Pungli.

“Kita lihat hasil penyelidikan nanti. Setelah ada hasil maka kita akan ambil tindakan sesuai peraturan yang berlaku,” sebut Fasha.

Fasha mengaku akan terlebih dahulu melakukan rapat untuk memberikan tindakan tegas terhadap oknum ASN yang ketangkap OTT itu. “Saknsi terberatnya pemecatan,” ujarnya

Sementara Hafni Ilyas, salah satu Tim Saber Pungli Kota Jambi mengatakan, pihaknya tentu sudah melakukan pengamatan sejak lama.

“Tidak mungkin juga Tim Saber ujuk-ujuk langsung nangkap,” aku Hafni yang juga merupakan Inspektur Inspektorat Kota Jambi.

Hafni mengaku, pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi agar pejabat pemerintah merubah pola kerja. “Zaman sekarang berubahlah. Sudah sering kita ingatakan. Bahkan setiap surat-surat selalu ada peringatan jangan Pungli,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: