Maknai Natal Dengan Kedamaian, Ribuan Jemaat Penuhi Gereja HKBP

Maknai Natal Dengan Kedamaian, Ribuan Jemaat Penuhi Gereja HKBP

JAMBI - Hari Raya Natal telah dirayakan umat Kristiani (25/12) kemarin. Lebih dari 200 gereja yang menjadi pilihan untuk merayakannya bagi umat Kristiani. Salah satunya bertempat di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Kota Baru, Kota Jambi. Di Gereja terbesar di Kota Jambi ini disesaki lebih dari 8.300 Jemaat. Dimulai dari Misa Natal 1 pada Sabtu (24/12) malam hingga perayaan Natal kemarin.

Manulang, Ketua Panitia Pelaksana Hari Natal di Gereja HKBP mengatakan, banyaknya umat yang mengikuti Misa Natal ini dikarenakan faktor cuaca yang baik dan warga adari luar Kota Jambi, seperti Merlung, Sungai Bahar dan Petaling yang ikut merayakan di HKBP.

“Hari ini (kemarin), pukul 06.30 itu sekitar 800 Jemaat. Pukul 10.00 WIB sekitar 3500 jemaat yang mengikuti kebaktian,” akunya.  

Makna Natal tahun ini, kata Dia, setiap individu membawa berita damai kepada setiap hati, terutama keluarga. “Ini sesuai tema Nasional,” jelasnya.

Di Gereja HKBP, pesan pada saat kebaktian menggunakan dua bahasa, yakni, bahasa Indonesia dan bahasa Batak. “Pagi hari bahasa Indonesia untuk umum , setelah itu bahasa Batak,” ujarnya.

Lain lagi dai Gereja Khatolik, Santa Teresia Jambi . Perayaan Natal pukul 09.00 WIB diperuntukkan untuk Anak-anak. Hal ini juga diwarnai dengan pembagian hadiah kepada generasi penerus. “Setidaknya ada 800 hadiah yang kita siapkan untuk anak-anak,” ujar Andreas Hartono, Ketua Panpel Gereja Santa Theresia.

Jemaat yang memadati Gereja Khatolik ini sekitar 3.500 Jemaat. 1.500 Jemaat pada Misa Natal pertama, 2.000 pada perayaan pukul enam dan Sembilan. “Ini dikarenakan kita sudah membagi massa menjadi tiga gereja , selain di sini, di gregorius agung dan selincah,” ujar Andreas. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: