Dibangun Jika Banyak yang Like, Pemkot Akan Lounching e-Planning

Dibangun Jika Banyak yang Like, Pemkot Akan Lounching e-Planning

 

 

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi segera melounching  sistem perencanaan pembangunan daerah secara eloktronik. Sistem itu dinamakan e-planning versi 2.0. Sistem ini menghindari adanya proyek abal-abal.

 

\"Ini lagi kita rampungkan. Kita buat database sendiri, sudah 700 ribuan yang baru terdaftar, tapi belum diinput dengan benar\"

DONI ISKANDAR - Kepala Bappeda Kota Jambi

 

Doni Iskandar, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jambi mengatakan, sebelumnya sudah ada e-planning persi 1 yang dikenal Simreda. Sistim itu masih setengah terbuka. Keterlibatan masyarakat secara langsung tidak ada, sehingga dilakukan pembaharuan.

E-planning persi 2.0, nantinya bersifat langsung, masyarakat bisa mengusulkan secara langsung dan dapat dibahas. Dengan like terbanyak usulan tersebut jadi prioritas.

“Pemerintah secara tidak langsung juga dapat menghitung anggaran karena sudah ada e-budgeting didalamnya,” kata Doni.

Dengan adanya e-palnning ini, Pemerintah  tidak perlu lagi mencari titik mana saja yang perlu dibangun. “Paling tinggal verifikasi saja. Jadi, proyek yang dibangun memang kebutuhan masyarakat. Prioritasnya sudah bisa nampak,” jelasnya.

Nantinya, satu pemegang Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) Kota Jambi bisa mengsulkan suatu pembangunan, dengan meregistrasi melali NIK e-KTP. Jika likenya tertinggi, jelas itu menjadi pembangunan yang prioritas.

“Likenya nanti dari masayarakat. 1 NIK 1 like,” ujarnya.

Untuk peluncuran e-planning tinggal finalisasi. Saat ini masih terkendala dengan database kependudukan yang tidak online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: