Susahnya Dapat e-KTP, Arief: Laporkan ke Dukcapil Provinsi

Susahnya Dapat e-KTP, Arief: Laporkan ke Dukcapil Provinsi

JAMBI - Pelayanan e-KTP di Jambi ternyata tidak sesuai dengan arahan Pemeirntah Pusat. Blanko e-KTP cukup melakukan pencetakan berbeda dengan UPTD Dukcapil  Kota Jambi yang menyatakan stok blanko e-KTP kosong.

Ini di alami oleh Putri, warga Sebrang Kota Jambi, Kelurahan Penyengat Olak, Kota Jambi. Dia mengaku selama satu tahun ini sudah beberapa kali mendatangi kantor UPTD Dukcapil Kota Jambi.

“Jawaban dari pegawai setempat hanya sabar, blanko habis,” akunya.

Dai irformasi yang Ia dapat, banyak warga yang sudah merekam e-KTP beberapa tahun lalu, namun, belum juga menerima e-KTP. 

“Saya bingung, diberita blanko aman, Pemerintah Provinsi juga ngomong gitu. Nah sampai di bawah faktanya lain lagi,” keluhnya.

Putri mengaku sudah melakukan perekaman e-KTP sejak 2015. Kini Dia hanya memegang surat keterangan dari Dukcapil yang hanya bertahan 6 bulan. Ia berharap E-KTP yang sudah Ia rekam segera dikeluarkan oleh Dukcapil. Apalagi banyak urusan yang menggunakan e-KTP.  

“Repot kalau selalu perpanjangan. Setahun terakhir ini tidak Saya perpanjang lagi,” katanya dengan nada kesal.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Cacatan Sipil (Sosdukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar menegaskan, hingga kini tidak ada kendala mengenai blanko kosong, bahkan, belum ada laporan dari Kabupaten/Kota terkait kekosongan blanko.

Matan Kepala BPBD Provinsi Jambi ini menyatakan, jika beberapa bulan lalu dirinya membawa puluhan ribu blanko e-KTP dari Jakarta untuk disebarkan di semua Kabupaten/Kota yang ada di Jambi.

 “Kalau sudah tiga tahun, rasanya tidak ada kendala lagi, bahkan sekarang rekam bisa langsung cetak, tapi tergantung jaringan di Dukcapil setempat,” kata Arief Munandar, ketika dikonfirmasi via ponselnya.

 Arie mengungkapkan, persoalan balnko habis itu tidak mestinya terjadi, sebab, persoalan blanko sudah terpenuhi semua. Atas laporan ini dirinya akan melakukan pengecekan lapangan.

 “Kita akan cek,” tegasnya.

 Kemudian, Dia  menghimbau agar tidak memperlambat urusan masyarakat. Permasalahan e-KTP agar dipermudah. Sebab pemerintah tengah berupaya untuk mempercepat dan mempermudah urusan administrasi kependudukan.

 “Jika seandainya blanko habis, cepat lapor pada kita. Sudah gini saja. Kalau ada yang bertahun-tahun belum cetak juga, langsung lapor sama Dukcapil Provinsi Jambi, biar kami yang menyelesaikannya,\" pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: