Selamat Datang Peserta Pemilu, SAH Teriakan Prabowo, Edi Jawab Jokowi

Selamat Datang Peserta Pemilu, SAH Teriakan Prabowo, Edi Jawab Jokowi

JAMBI - Sosialisasi peserta Pemilu 2019 digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di lapangan kantor Gubernur Provinsi Jambi, Sabtu (3/3) kemarin. Acara juga dimeriahkan dengan pawai mobil hias dari 14 Partai Politik yang dinyatakan lolos verifikasi faktual, Februari lalu dengan tema ‘Kenali Peserta Pemilu Demi Pemilu Berkualitas dan Berintegritas’.

Acara sosialisasi dibuka Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan didampingi komisioner lainnya. Sedangkan, pawai dilepas Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto bersama Wakapolda Jambi, Kombes Pol Ahmad Haydar ditandai dengan pengibaran bendera digaris start.

Dalam sosialisasi ini, pimpinan Partai Politik diberikan kesempatan untuk berorasi dan memperkenalkan logo, nomor urut dan visi misi masing-masing partai. Karena mereka akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang dilakukan secara serentak.

Ketua KPU Provinsi Jambi HM. Subhan mengatakan, jika pihaknya memberikan ruang kepada Parpol untuk bersosialisasi setelah penetapan dan pengundian nomor urut. Dimana verifikasi dilakukan di semua tingkatan dari Kabupaten/Kota, Provinsi hingga pusat.

“Sosialisasi ini diikuti 14 Partai Politik. Mereka telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu pada 17 Februari dan dilakukan pengundian nomor urut pada 18 Februari 2017,” ujarnya.

Subhan menyebutkan, output dari verifikasi itu telah dimiliki date base Parpol yang nantinya bisa diakses sebagai bahan informasi. Sehigga semua administasi Parpol tersusun rapi dengan tujuan agar proses demokrasi beberapa tahun kedepan semakin matang.

“Jadi sistem verifikasi dari awal kita harapkan bisa menghasilkan output untuk kepentingan bersama. Sekarang sudah memiliki data base Partai Politik,” katanya.

Dari sosialisasi ini, pihaknya mengharapkan agar masyarakt bisa mengenal mulai dari lambang, nomor urut dan visi misi partai. Apalagi, hajatan demokrasi kali ini untuk pertama kalinya dilakukan Pemilu serentak antara Pileg dan Pilpres.

“Selamat datang peserta Pemilu, mari kita berkompetisi secara damai dan nantinya berkampanye megedepankan etika untuk proses pendewasaan demokrasi,” katanya lagi.

Disamping itu, Matan Ketua KPU Kabupaten Bungo ini mengingatkan jika tahapan Pemilu juga berbarengan dengan Pilkada serentak 2018. Maka dari itu dirinya juga berharap agar Parpol dan kandidat menghadirkan pemilihan yang substantif dengan mengedepankan visi dan misi.

“Sudah saatnya para calon menghadirkan pemilihan yang substantif dengan mengedepankan visi dan misi. Temui masyarakat, jangan sampai mencaci maki antara satu dengan yang lain,” harpannya.

Rute pawai melewati sejumlah wilayah di Kota Jambi. Dimana start dimulai dari lapangan Kantor Gubernur, Simpang BI, Simpang Broni, Simpang Al-Fallah, Simpang Pulai, Simpang Tugu Juang, Simpang Kawat, Simpang Kantor Camat Pal V, Simpang Kota Baru, Simpang Kebun Kopi, Simpang Xaverius, Adipura, Sukarejo, Polda Jambi, Simpang Jelutung, Attaufik dan finish di Budi Graha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: