Alam Barajo Alokasi Terbesar Pembangunan Jalan Lingkungan

Alam Barajo Alokasi Terbesar Pembangunan Jalan Lingkungan

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi masih fokus pada pembenahan infrastruktur di 2018 ini. Total anggaran yang disiapkan pemerintah di Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi Rp 172 M. Dari total itu Rp 69 bersumber dari DAK dan Rp 103 dari APBD Kota Jambi.

Ajrisa Windra, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Jambi mengatakan, khusus dari APBD difokuskan untuk pembangunan jalan lingkungan. Dari total Rp 103 M, dari APBD hanya Rp 6,3 M untuk jalan status Kota. Sisanya untuk jalan lingkungan.

\"Info

Ada 11 ruas jalan status Kota yang dibangun melalui APBD, yakni, Jalan Wahyu, Jalan Perum Villa Sentosa, Jalan menuju Villa Ratu Mas, Jalan Komplek Camat Kebun Handil, Jalan Selendra menuju Payo Sigadung, Jalan Depati Yunus, Jalan Kabia, Jalan Aster Biru, Jalan langit Biru, Jalan KH Hasan Anang.

“Dari APBD Rp 103 M dialokasikan untuk jalan status kota Rp 6,9 M. Selebihnya pembangunan jalan lingkungan,” kata Ajrisa Windra.

Jalan lingkungan yang akan dibangun di 2018 tersebar di 11 Kecamatan dalam Kota Jambi. Per Kemacatan anggaran yang dialokasikan bervariasi. Terbesar ada di Kecamatan Alam Barajo dengan alokasi Rp 21,56 M. (data selengkapnya lihat grafis).
\"Itu jalan status Kota semua, yang berlobang tetap kita perbaiki. Sisanya untuk pengawasan,\" sebutnya.

Selain itu, sebut Windra, 2018 ini pihaknya juga menyediakan anggaran pemeliharaan jalan status Kota dan jalan status lingkungang. Ada Rp 2,5 m untuk pemeliharaan jalan status Kota dan Rp 700 juta untuk perawatan jalan lingkungan.

“Sebelumnya jalan lingkungan belum ada biaya perawatan. Baru tahun ini,\" ungkapnya.
Masyarakat, sebut Windra, bisa langsung melapor ke Bina Marga PUPR Kota Jambi jika ada keluhan jalan. \"Kami akan bergerak langsung, minimal dua minggu setelah laporan masuk,\" ujarnya.

Dengan terus dibenahnya jalan di Kota Jambi ini, jalan buruk hanya tersisa 10 persen. \"Kita berharap jalan buruk di kota Jambi dibawah 10 persen. Target kita semua jalan menjadi mantap,\" pungkasnya.

(hfz)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: