149 UNBK Menumpang, Komputer, Jaringan dan Listrik Jadi Kendala

149 UNBK Menumpang, Komputer, Jaringan dan Listrik Jadi Kendala

JAMBI - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 akan digelar April untuk SMA sederajat dan disusul SLTP. Berbagai persiapan sedang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Provinsi Jambi dan sekolah yang menyelenggarakan UNBK.

Data sementara setidaknya ada 743 SMP yang mengikuti Ujian Nasional. Dari jumlah itu ada 187 yang menyelenggarakan UNBK. 99 sekolah menumpang. Sisanya UNKP. Untuk SMA ada 235 sekolah. 170 UNBK, 27 menumpang, sisanya UNKP. SMK sebanyak 175. 135 UNBK, 23 menumpang, sisanya UNKP. (data lengkap lihat grafis).

Agus Herianto, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengatakan, Dinas Pendidikan tetap mengupayakan agar sekolah bisa melaksanakan UNBK 100 persen. Meskipun sulit. Di Jambi Dia memgakui belum bisa elaksanakan UNBK 100 persen karena masih ada berbagai kendala yang ditemui.

“Kita terus berupaya dan mencari solusi  agar semua bisa melaksanakan UNBK,” katanya.

Kendala yang dihadapi saat ini sama seperti tahun sebelumnya, seperti,
komputer, server dan listrik. Masalah geografis daerah juga menjadi permasalahan. Seperti sekolah yang berada di beberapa daerah.

\"Laporan yang kita temui itu. Kita upayakam UNBK menumpang. Tapi masih dilakukan kajian,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, sekolah yang berada di Bukit Bulan Kabupaten Sarolangun. Dari Ibu Kota Kecamatan  jaraknya sekitar 5 jam perjalan. Kemudian jaringan listrik di daerah itu juga belum ada.

“Kajian ini yang kita lakukan, jika menumpang berarti mereka harus menginap,” katanya.

Tahun ini, untuk pelaksanaan UNBK. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi membantu 5 unit server. Pengadaan perangkatnya dilakukan oleh sekolah. Sekolah bisa menggunakan dana BOS.

“Setiap tahunya paling banyak 5 unit kalau menggunakan dana BOS,” katanya.
Dengan demikian, secara hitungan jumlah perangkat masih mengalami kekurangan. Di beberapa sekolah, mensisastinya dengan meminjam kepada wali murid yang berkenan. “Sebelum digunakan kita kan melakukan cleaning, atau verifikasi perangkat,” pungkasnya.

(nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: