Infrastruk Masih Menjadi Fokus

Infrastruk Masih Menjadi Fokus

JAMBI - Anggaran 2018, Pemerintah Kota Jambi masih memfokuskan pembenahan infrastruktur. Total ada Rp 172 M yang disiapkan Pemerintah melalui Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Jambi. Dari total anggaran itu Rp 69 bersumber dari DAK.

Melalui DAK Pemerintah Kota Jambi akan menyelesaiakan pekerjaan Jalan Kemas Saleh Seberang Kota Jambi. Anggaran senilai Rp 14,7 M disiapkan.

Disampaikan H. Ajrisa Windra, ST, MM, Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi, 2018 ini Jalan Kemas Saleh akan diselesaikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 14,7 M.

\"Panjang jalannya 3,2 kilometer,\" kata Ajrisa Windra.

Lebih lanjut Ia menyebutkan, jalan itu semuanya akan diaspal, namun, ada yang dicor beton terlebih dahulu sepanjang 1,2 kilometer.

\"Yang ada bangsal kayu dirigid dulu, biar kuat. Setelah itu baru dilapisi aspal lagi,\" imbuhnya.

Kata Ajrisa, kiri kanan jalan sepanjang 3,2 kilometer itu akan dibangun trotoar dengan lebar 1,2 meter masing- masing sisi.

\"Trotoarnya akan dicat warna warni,\" sebutnya.

Kondisi Jalan Kemas Saleh, kata Windra, sudah 10 tahun terakhir tidak diperhatikan. Selama ini terkendala dengan pembebasan lahan. Lebar jalan yang akan dibangun itu 8 meter bersih.

\"Kalau yang lama lebarnya 5 meter,\" ujarnya.

Dua tahun sebelumnya Windra menyebutkan, Pemerintah Kota Jambi sudah melakukan pembebasan dan pengerasan jalan. 2016 menelan anggaran sekitar Rp 9 M dan 2017 Rp 3 M.

\"Pengerasan type C 2017 lalu,\" imbuhnya.

Kata Ajrisa, Ada 13 ruas jalan yang akan dibangun dengan anggaran yang bersumber dari DAK, yakni Jalan Kemas Saleh 14,76 M. Jalan Ir. H. Juanda 3,85 M. Jalan Kopral Ramli 4,95 M. Jalan Sunan Derajat 5,13 M. Jalan Rukam 6,36 M (Buka jalan baru), Jalan Lettu Supriyanto 2,69 M, Jalan KS Tubun 3,73 M. Jalan Guru Muchtar 1,42 M. Jalan Kapten Sujono 2,75 M. Jalan Yunus Sanis 5,39 M. Jalan Aditiya Warman 6,16 M, Jl Pangeran Antasari 6,26 M dan Jl HMYusuf Nasri 5,25 M.

“Sejumlah pembangunan itu merupakan pelebaran jalan dengan parit tertutup,\" sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: