SNMPTN Diumumkan 17 April, Penilaian Berdasarkan Rangking

SNMPTN Diumumkan 17 April, Penilaian Berdasarkan Rangking

JAMBI - Tahapan masuk Perguruan Tinggi sudah dimulai sejak Maret lalu. tahapan pertama adalan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 dan telah ditutup sejak 06 Maret lalu. 

Wakil Rektor 1 Bidang Pendidikan Universitas Jambi, Prof. Muthalib mengatakan, untuk tahapan tengah dilakukan pemeriksaan oleh panitia pusat.

“Untuk SNMPTN ini langsung diambil alih oleh panitia pusat, daerah hanya menerima hsil,” Katanya.

Untuk SNMPTN tidak dilakukan tes seperti seleksi masuk perguruan tinggi pada umumnya. Untuk penentuan diterima atau tidak di sebuah Perguruan Tinggi tergantung pada nilai pendaftar atau berdasarkan ranking yang dimiliki oleh pendaftar. Kemudian rangking tersebut diurutkan kembali berdasarkan prodi yang dituju.

“Dengan artian yang memiliki nilai terbaik yang dapat diterima untuk masuk sebagai mahasiswa baru,” ungkapnya.

Kini, lanjut Muthalib, tahapanya  pemeriksaan yang dilakukan oleh panitia pusat. Pemeriksaan dilakukan secara sistematis. Dikatakanya dengan pendaftaran online dan sebelumnya sekolah telah mengisi data.

“Untuk pengumumanya nanti 17 April 2018,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar SNMPTN di Unja tercatat sebanyak 12.179 calon mahasiswa mandaftar secara reguler dan bidik misi sebanyak 3.506 orang
Jumlah itu diikuti oleh 35 daerah dengan rincian 34 Provinsi dan mahasiswa Internasional, atau pendaftar dari luar negeri.

Dari keseluruhan pendaftar, tercatat sebanyak 5.600 calon mahasiswa dengan Pilihan Pertama Unja (PTN1). Dan 6597 calon mahasiswa dengan Pilihan kedua Unja (PTN2).

(nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: