Lokasi Olahraga dan Wisata, Sinergitas Bangun Wisata Danau Sipin 

Lokasi Olahraga dan Wisata, Sinergitas Bangun Wisata Danau Sipin 

JAMBI - Pengembangan objek wisata Danau Sipin di Kota Jambi hingga kini masih dilakukan. Proyek Sinergitas Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Jambi tersebut akan mengubah wajah danau sipin. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) VI menggelontorkan anggaran Rp25 miliar untuk pembangunan bronjong danau sipin pada 2018 ini.

Nurfajri, Kepala BWSS VI Jambi mengatakan, banyak yang harus dibenahi di Danau Sipin ini seperti menjaga sepadan danau, membesarkan tampungan, normalisasi, pembuatan tebing, dan lain sebagainya. Untuk pengerjaannya, dibagi dengan Pemprov Jambi dan Pemkot Jambi. 

“Kita bersinergi menata semua. Danau Sipin bukan untuk menampung air saja, namun bisa dijadikan lokasi untuk berolahraga, wisata dan lain sebagainya,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan ada event nasional di Danau Sipin, yakni lomba dayung yang kemungkinan akan dihadiri oleh Mentri PUPR RI.

“Pelaksanaannya tergantung dukungan dan kesiapan semua pihak. Jambi ini kan gudangnya atlet dayung,” katanya. 

Nurfajri mengatakan, tahun ini ada anggaran Rp 25 miliar untuk penataan Danau Sipin. Dana itu bersumber dari APBN 2018. Untuk proyek yang dilaksanakan oleh BWSS VI Jambi, berupa pembuatan tebing danau. Pembuatan tebing ini juga merupakan lanjutan dari pengerjaan kegiatan tahun lalu. 

Dijelaskannya, 2018 ini ada pembuatan tebing sepanjang 1.500 meter. Lebih pendek dari pembangunan tebing tahun 2017 lalu, sepanjang 1.800 meter. Pembangunan dan penataan Danau Sipin ini disebutkannya tidak ada kata selesai. Karena setiap tahun ada yang harus dibenahi. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap.

Selain pengembangan Danau Sipin, sejumlah proyek-proyek besar BWSS VI juga akan dilaksanakan tahun 2018 ini. Seperti membuat bendungan yang berlokasi di Batang Asai sepanjang 5.800 meter, serta berbagai proyek-proyek lainnya.

“Proyek tahun 2018 mulai berjalan. Dilaksanakan di berbagai wilayah,” tandasnya.

(nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: