Terminal BBM Stand By 24 Jam, Konsumsi BBM Jambi Diperkirakan Meningkat 16 Persen

Terminal BBM Stand By 24 Jam, Konsumsi BBM Jambi Diperkirakan Meningkat 16 Persen

Untuk ketersediaan LPG, Pertamina MOR II Sumbagsel juga memprediksikan adanya peningkatan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Prediksi peningkatan konsumsi LPG 3 Kg diperkirakan mencapai 11%, karenanya sebagai antisipasi, rencana penyaluran LPG 3 Kg di wilayah Sumbagsel untuk Bulan Juni diperkirakan naik hingga 3.6% dari penyaluran di Bulan Mei, jika dibandingkan dengan penyaluran lebaran 2017, maka terdapat peningkatan penyaluran sebanyak 8%.

Sedangkan untuk Elpiji 12 Kg, rencana penyaluran pada Bulan Juni diperkirakan menurun sebanyak 5% dibandingkan penyaluran Bulan Mei yang diakibatkan oleh libur lebaran. Namun demikian, Pertamina tetap menyiapkan rencana penyaluran Elpiji 12 Kg sebanyak 3.526 Metrik Ton serta varian Bright Gas 5.5 Kg sebanyak 347 MT dan Bright Gas 12 Kg 721 MT untuk periode H-15 dan H+15.

Untuk Jambi, penyaluran varian LPG 3 Kg di Bulan Juni diperkirakan tidak terdapat peningkatan dan untuk penyaluran Elpiji 12 Kg berkurang sekitar 4.97% jika dibandingkan dengan penyaluran Bulan Mei. Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah mempersiapkan Lembaga penyalurnya, di Jambi sendiri terdapat 40 agen LPG 3 Kg, 401 pangkalan LPG 3 Kg Siaga, dan 13 agen Elpiji 12 Kg.

“Peningkatan konsumsi LPG biasanya terjadi di dekat Hari Raya Idul Fitri. Karenanya kami sudah akan meningkatkan penyaluran LPG berbagai varian untuk Bulan Juni sebagai antisipasi meningkatnya konsumsi masyarakat,” imbuh Erwin.

Untuk kebutuhan Avtur selama masa mudik, Pertamina MOR II Sumbagsel juga telah menyiapkan proyeksi peningkatan penyaluran di setiap provinsi di Sumbagsel. Untuk Bandar Udara Sultan Thaha di Jambi, prediksi konsumsi Avtur mencapai 53 KL selama periode H-7 hingga H+7 Lebaran. Kebutuhan Avtur ini meningkat 13 KL atau 32% lebih banyak daripada prediksi konsumsi selama Bulan Juni.

Erwin berharap, seluruh inovasi pelayanan dan distribusi energi yang dilakukan oleh Pertamina dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan serte memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. “Kami bangga bisa melakukan ini, semoga dengan terjaganya ketahanan energi, masyarakat bisa menjalankan ibadah Puasa dan merayakan lebaran dengan nyaman dan tenang. Tidak lupa kami ucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin serta Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan,” tutupnya.

Sementara itu, pantauan koran ini di beberapa SPBU dalam Kota Jambi hari pertama Ramadhan kemarin (17/5), BBM terlihat lancar. Tidak ada antrian kendaraan. ‘’Alhamdulillah, tidak mengantri. Dari sebelum Ramadhan kemarin sampai hari ini lancar,’’ ujar salah seorang petugas di salah satu SPBU di Kota Jambi.

Ditanya soal pasokan, ia menyebut juga normal seperti biasa. ‘’Normal. Mudah-mudahan lancar terus sampai lebaran nanti,’’ harapnya.

Di Tanjab Timur, selama bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri, Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Tanjabtim memastikan kebutuhan gas elpiji di terpenuhi. 
Apalagi untuk penambahan kuota elpiji telah diajukan kepada Pertamina sebelum memasuki bulan Ramdhan. 
“Surat untuk penambahan kuota gas ke Pertamina sudah kita ajukan untuk bulan Ramadhan hingga Idul Fitri,” ujar Kabag SDA Setda tanjabtim Dedi saat dikonfrimasi beberapa waktu lalu.

Saat ini, lanjut Dedi, untuk distribusi gas elpiji di wilayahnyha tidak ada kendala.

“Kalau sampai saat ini ditribusi dan persediaan gas tidak ada kendala, mudah-mudahan hingga Idul Fitri tidak ada kendala,” harapnya.

Dedi berharap, selama bulan puasa sampai idul fitri, agen bisa aktif turun ke lapangan. Hal tersebut untuk mengecek pangkalan-pangkalan dilapangan yang nakal.
“Kalau kita tidak bisa mengambil tindakan, dan kita minta agen juga aktif turun kelapangan bersama kita untuk mengecek pangkalan yang nakal,”pintanya.

(yni/ptm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: