JAMBI - Pemerintah Kota Jambi saat ini sedang dalam proses membangun beberapa pekerjaan fisik, diantaranya, pembangunan drainase dan pelebaran jalan dengan drainase tertutup. Namun di beberapa proyek pembangunan terlihat beberapa sarana yang seharusnya ada tapi terlihat menghilang. Seperti manhole atau besi sebagai penutup drainase. Ada beberapa yang terlihat bolong dengan ukuran yang cukup besar. Tentu saja hal ini cukup membahayakan.

Pantauan di lapangan, beberapa ruas jalan pengerjaan drainase seperti di depan perkantoran Walikota Jambi.  Beberapa lobang terlihat menganga, diantaranya, ada yang hanya ditutupi dengan papan.

Menanggapi hal ini, Pjs Walikota Jambi M. Fauzi mengatakan, hilangnya manhole ataupun sarana atau fasilitas lainnya dalam pengerjaan proyek adalah tanggungjawab dari rekanan. Meskipun hilang dikarenakan dicuri orang atau karena penyebab lainnya. Hal tersebut masih menjadi tanggungjawab dari rekanan.

“Jika ada infrastruktur yang hilang pada saat pengerjaan proyek, tentunya itu masih menjadi tanggung jawab dari rekanan. Kita belum ada serah terima dari pihak ketiga yang melaksanakan proyek,” katanya.

Dikatakan Fauzi, jika sudah ada serah terima dan masih dalam masa perawatan, juga masih tanggung jawab rekanan. “Kita tahunya itu lengkap dan dalam keadaan yang baik serta semua harus berfungsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Fatri Suandri, Kepala Dinas PUPR Kota Jambi mengakui sudah mendengar adanya beberapa manhole yang hilang pada pengerjaan proyek drainase. Hal ini sudah dikoordinasikan pihaknya dengan rekanan. Dirinya juga sudah meminta pihak rekanan untuk mengganti manhole yang hilang tersebut.

“Saya sudah mendengar itu ada yang hilang manholenya. Saya juga tidak tahu mengapa bisa hilang. Tapi sudah kita minta rekanan untuk menggantinya. Karena itukan masih dalam proses pengerjaan. Sehingga masih menjadi tanggungjawab rekanan,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk berhati hati saat melewati beberapa proyek pengerjaan drainase. Juga agar masyarakat tidak mendekati proyek tersebut karena berbahaya dan meminta agar saling menjaga apa yang sudah dibangun oleh pemerintah. 

“Kita minta warga juga mengawasi fasilitas pemerintah. Jangan ada tg merusak dan mencuri,\" pungkasnya.

(hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: