JAMBI - Tahapan kampanye calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kerinci, Merangin dan Kota Jambi akan berkahir pada 23 Juni mendatang. Itu artinya para calon petahana akan kembali menjabat sebagai Bupati, Wakil Bupati dan Walikota serta wakil Walikota di masing-masing daerah.

Di Kerinci ada Adirozal dan Zainal Abidin yang menjadi rival politik pada Pilkada tahun ini. Merangin ada Alharis dan Khafid Moin, sedangkan Kota Jambi ada Sy Fasha dan Abdullah Sani.

Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin mengatakan dengan berakhirnya masa kampanye maka jabatan melekat yang disandang masing-masing petahana dikembalikan. Dimana Sy Fasha akan kembali menjabat sebagai Walikota Jambi dan Abdullah Sani menjadi Wakil Walikota Jambi.

“Hingga pukul 24.00 WIB, secara otomatis masa cuti mereka sudah berakhir. Maka tidak perlu ada serah terima lagi dari Pjs yang lama,” ujarnya.

          Wein menjelasakan, semua pasilitas yang dinon aktifikan semasa kampanye juga secara otomatis kembali. Termasuk, rumah dinas, mobil dinas dan fasilitas lainnya. “Meraka akan katif seperti biasa dan menjalankan tugas sebagaimana biasanya,” sebutnya.

          Hanya saja, para pasangan calon dan tim pemenangan tidak diperbolehkan lagi melakukan aktivitas kampanye. Karena dari 24 Juni hingga hari pemungutan dan penghitungan suara sudah memasuki masa tenang.

          “Tidak ada lagi aktivitas kampanye. Waktu yang diberikan sudah cukup lama, itupun mereka diminta langsung bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin Husairi pamit dan minta maaf kepada seluruh pegawai di jajaran Pemkab Merangin serta seluruh masyarakat. Hal ini disampaikan Husairi pada saat apel gabungan hari pertama masuk kerja di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

\"Hari ini sudah 127 hari saya bekerja sebagai Pjs bupati dan akan berakhir pada Sabtu tanggal 23 Juli 2018 nanti genap 129 hari,\" katanya.

Karena pada hari ini, (22/06) jelas Husairi, seluruh Pjs Bupati/Walikota dan Gubernur seluruh Indonesia diundang Menteri Dalam Negeri RI ke Jakarta, untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama menjabat sebagai Pjs.

\"Kita semua berharap tidak akan terjadi hal-hal yang tak dinginkan ketika Pilkada Merangin perlangsung pada 27 Juni nanti. Kita pertahankan Merangin sebagai kabupaten yang teraman di Indonesia,\" pesannya.

Apel gabungan yang berlangsung khidmat itu, diakhiri dengan salam-salaman silaturahmi antara Pjs Bupati, Sekda Sibawaihi dan para pejabat dengan para pegawai di jajaran Pemkab Merangin.

Husairi berpesan kepada seluruh ASN untuk terus bekerja dengan baik, untuk kemanjuan Kabupaten Merangin kedepannya. Pengabdian yang telah dilakukan selama ini merupakan ibadah bagai para pegawai semuanya.

(aiz/wwn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: