JAMBI - City Operation Centre (COC) Pemerintah Kota Jambi akan di operasikan akhir tahun mendatang. COC tersebut nantinya akan menjadi central pemantauan 70 kamera CCTV yang disebar di seluruh kawasan Kota Jambi. Ada CCTV dari Dinas Komunikasi dan Indormasi, Dinas Perhubungan Kota Jambi dan CCTV dari Kepolisian.

 

\"Semuanya dalam proses pengerjaan. Ada juga koneksi yang sudah dipasang. Ruangannya juga sudah selesai dibangun\", NIRWAN - Kepala Diskominfo Kota Jambi

 

Disampaikan Nirwan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Jambi, COC akan mulai dioperasikan pada akhir 2018. Saat ini sedang dalam proses pengerjaan dan ditargetkan akan selesai dan bisa digunakan pada akhir 2018.

\"Semuanya dalam proses pengerjaan. Ada juga koneksi yang sudah dipasang. Ruangannya juga sudah selesai dibangun,\" katanya.

Nirwan menyebutkan, nantinya akan ada 9 layar besar yang ada di 1 ruangan COC, itu akan terhubung ke 70 kamera yang tersebar di Kota Jambi. 70 kamera tersebut tidak hanya berasal dari CCTV Diskominfo saja, namun, juga dari Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

\"Nanti di COC itu menjadi pusat nya. Kita juga sharing CCTV Kepolisian,” imbuhnya.

Dikatakan Nirwan, pihaknya menyediakan sebanyak 30 kamera yang akan disebar di 6 persimpangan lampu merah. Juga ada CCTV dari HTCS sebanyak 30 kamera yang akan dipasang di 6 persimpangan di Kota Jambi. Ditambah CSR dari Mitratel sebanyak 15 kamera yang akan dipasang di tiga persimpangan.

\"Semua akan dikoneksikan di satu center. Kita bisa mengawasi semua kejadian yang ada di kota Jambi. Seperti kejadian kecelakaan, kejahatan, pelanggaran lalu lintas dan kejadian lainnya,\" sebutnya.

Untuk anggaran, kata Nirwan, dibutuhkan sekitar Rp 1,5 miliar. Mulai dari penyediaan layar CCTV serta semua hal yang berhubungan dengan konektivitas internet.

\"Secara keseluruhan sekitar Rp 1,5 miliar. Kita berharap ini sangat bermanfaat bagi keamanan di kota Jambi. Sehingga kita bisa memantau semua hal yang berkaitan dengan kejadian yang ada di kota Jambi hanya melalui satu lokasi saja,\" pungkasnya.

(hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: