STIKES HI Kedatangan DPD PPNI dan Alumni

STIKES HI Kedatangan DPD PPNI dan Alumni

JAMBI-Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Harapan Ibu (HI) Jambi kedatangan DPD PPNI Kota Jambi dan alumni STIKES HI Jambi pada Sabtu (30/3) lalu.

Ketua DPD PPNI Kota Jambi, Ns. Harnita M.Kep mengatakan, kedatangannya ke STIKES HI Jambi adalah untuk melakukan visitasi kesiapan  Praktik Mandiri Perawat di STIKES HI Jambi.

“Sehingga kami bisa memberikan rekomendasi untuk mengeluarkan surat izin praktik perawat,” ujar Harnita.

Selain itu, dalam Praktik Mandiri Perawat juga dibutuhkan rekomendasi dari Dinkes dan PTSP Kota Jambi. Dari hasil visitasi dia melihat STIKES HI Jambi telah memenuhi standar untuk membuka Praktik Mandiri Perawat.

“Hanya ada beberapa hal yang harus dilengkapi, tapi keseluruhan sudah sesuai prosedur. STIKES HI Jambi adalah perguruan tinggi di Kota Jambi yang pertama kali membuka Praktik Mandiri Perawat dan ini patut diapresiasi,” jelasnya.

Sementara Ketua STIKES HI Jambi, Ns. Susi Widiawati M.Kep  mengungkapkan, Program Studi Ilmu Keperawatan, pengelola dan pihak yayasan memang telah berencana untuk membuka Praktik Mandiri Perawat.

Hal ini dalam rangka meningkatkan perkembangan di STIKES HI Jambi. Disamping itu juga peningkatan terhadap perkembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di STIKES HI Jambi.

“Peningkatan yang kami lakukan, akhirnya kami dapat menerima hibah. Praktik Mandiri Perawat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum, khususnya di Kota Jambi. Bagi masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan dirumah sakit, bisa melanjutkan perawatannya di STIKES HI Jambi,” papar Susi.

Pembukaan Praktik Mandiri Perawat, lanjutnya tidak terlepas dari keinginan pengelola dan dosen keperawatan di STIKEs HI Jambi, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas di STIKES HI Jambi. Ini merupakan salah satu prestasi dari Prodi Keperawatan yang berupaya meningkatkan mutu dan kulitas.

“Saat ini Prodi Keperawatan tengah melakukan reakreditasi, mudah-mudahan akreditasi yang keluar mendapatkan nilai B,” harapnya.

Beberapa persyaratan Praktek Mandiri Perawat telah dilakukan, seperti dosen-dosen yang telah memiliki NIRA dan STR, bangunan gedung dan SDM.

“Keperawatan telah memproses aturan yang berlaku secara legalitas, sehingga nantinya bisa diterima masyarakat. Intinya kami patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan,” katanya.

Sedangkan kedatangan alumni STIKES HI Jambi, sambungnya adalah dalam rangka membentuk kepengurusan baru, karena kepengurusan lama sudah 1 tahun lewat  SK-nya habis, sehingga dibentulah kepengurusan baru.

“Alumni yang datang mulai dari Tanjabtim, Tanjabbar, Kota Jambi dan beberapa kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Karena memang penyebaran alumni kami diseluruh Provinsi Jambi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: