Tingkatkan Pembinaan Karakter, Gubernur-Danrem Teken MoU

Tingkatkan Pembinaan Karakter, Gubernur-Danrem Teken MoU

JAMBI-Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum menandatangani MoU bersama Danrem 042/Garuda Putih Kolonel ARH. Elphis Rudi, M.Sc, S.S dan Kadisdik Provinsi Jambi H. Agus Herianto, SH di aula SMA Titian Teras pada Senin (15/07) kemarin.

Kerjasama dengan Korem 042/Garuda Putih merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jambi untuk meningkatkan pembinaan karakter siswa siswi, agar menjadi generasi yang unggul secara ilmu pengetahuan dan teknologi, namun harus tetap memiliki karakter yang positif.

Gubernur menyambut baik kerjasama ini. Melalui kerjasama ini tentu banyak manfaat yang akan diperoleh dari kedua belah pihak, guna mempersiapkan pendidik dan generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi handal dan jiwa kebangsaan yang kuat serta berwawasan Nusantara.

“Tujuan pembangunan nasional bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Fachrori.

Pada era milenial saat ini, ungkap Fachrori masih ditemui anak-anak yang kurang memahami nilai-nilai akhlak dan moral yang menurun. Untuk itu perlu pendidikan yang matang mulai dari anak SD, SMP, SMA sampasi pada guru yang perlu dibenahi bersama-sama, supaya mutu pendidikan semakin tinggi.

        Danrem 042/Gapu, Kolonel ARH. Elphis Rudi, M.Sc, S.S menyampaikan, suatu kebanggaan dan kehormatan bagi TNI, khususnya Korem 042/Gapu bisa membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam pembangunan, khususnya pendidikan bagi generasi muda. Apalagi generasi muda saat ini sangat rentan dengan media sosial.

“Kita sangat menyadari dunia sekarang sudah dalam keterbukaan informasi teknologi terutama dunia maya. Untuk itu kita semua perlu membentengi diri,” tegas Danrem.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Agus Herianto, SH mengatakan, pendidikan pada dasarnya salah satu cara efektif sebagai penanaman nilai dan norma  kepada generasi muda. Hal ini dituntut berkualitas dan mempunyai ilmu pengetahuan sebagai penerus masa depan bangsa yang berkualitas.

“Dengan adanya kerja sama Pemerintah Provinsi Jambi bersama Korem 042/Gapu, kami yakin akan memberikan penguatan pendidikan karakter dan diharapkan para peserta didik memiliki sikap beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam,” harap Agus.

Agus menjelaskan, tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan mengadakan kerja sama dengan Korem 042/Gapu dengan 3 sekolah. Ketiganya adalah SMAN Titian Teras Abdurahman Sayoety dengan jumlah siswa 686 orang, SMAN Titian Teras Muaro Bungo dengan jumlah 124 siswa dan SMAN 5 Kota Jambi dengan jumlah siswa 1.066 orang.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PMPLS) peserta didik baru SMAN Titian Teras Abdurahman Sayoety, SMAN 5 Kota Jambi dan SMAN Titian Teras Muara Bungo. Dalam sambutannya Fachrori berharap agar siswa bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila, serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam kehidupan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Agus Herianto, SH juga menjadi inspektur upacara dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PMPLS) peserta didik baru 3 sekolah tersebut. Pada kesempatan tersebut Agus meminta PMPLS bukan ajang untuk saling menjatuhkan dari senior ke yunior tetapi ajang mengenal tempat sekolah yang baru. Bahka dirinya akan memberikan sanksi bila ada aksi perpeloncoan yang ada di SMAN TT. (kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: