Kwarda Jambi Gelar Rakor Sekretaris se-Kab/Kota

Kwarda Jambi Gelar Rakor Sekretaris se-Kab/Kota

JAMBI-Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretaris se-Kwarda Jambi pada 23-25 Juli 2019 resmi digelar di aula Kwarda Jambi. Kegiatan ini dihadiri unsur Pimpinan Kwarda Jambi, para Andalan dan 22 peserta yang berasal dari utusan Kwarcab kabupaten/kota.

        Ketua Panitia yang juga Bendahara Kwarda Jambi, Suharmiati mengatakan, sasaran kegiatan adalah untuk meningkatkan peranan sekretaris dalam melaksanakan organisasi kwartir, meningkatkan pemahaman akan tupoksi  sekretaris dalam mengelola sekretariat kwartir.

“Ini juga merupakan kebijakan umum Kwarda Jambi masa bakti 2017-2022 serta pemberian informasi hasil Munas X 2018 dan Rakernas 2019. Menggali dan merumuskan solusi  atas persoalan pengelolaan  Sekretariat Kwartir Cabang se-Provinsi Jambi, dan testimoni Perda Kota Jambi tentang Pendidikan Kepramukaan,” akunya.

Sementara itu Ketua Kwarda Jambi, H. Sudirman SH MH melalui Waka Binawasa, Drs. H. Mohd. Damiri menambahkan, Gerakan Pramuka merupakan sebuah gerakan yang ditugaskan oleh Negara, untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Indonesia.

Karena itu, dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, organisasi kwartir sangat startegis mengingat fungsinya sebagai pengendali adminitrasi dan operasional pendidikan kepramukaan dalam suatu wilayah.

“Untuk kwarcab mengkoordinasikan kwartir ranting dan pangkalan satuan karya pramuka, di wilayah kabupaten/kota. Sedangkan kawartir daerah mengkoordinasikan kwartir cabang dan pimpinan satuan karya pramuka diwilayah Provinsi,” terang Waka Binawasa.

Berkaitan dengan pelaksanaan fungsi kwartir sebagai pengendali administrasi dan operasional di wilayahnya, maka diperlukan sinergitas antara kawrir daerah dan kwartir cabang dalam jajarannya, sehingga dalam melaksanakan fungsi pembinaan organisasi serta manajemen, dapat tercapai.

Persamaan persepsi terhadap pengelolaan organisasi kwartir juga menjadi tolak ukur keaktifan dan organisasi kwartir.

“Untuk itu ditahun 2019 ini, Kawarda Jambi melaksanakan Rakor bagi Sekretaris se-Kwarda Jambi. Sekretaris Kwartir sebagai penanggung jawab administrasi, hendak pula memahami tugas dan fungsi, di organisasi kwartir. Peran kepala administrator melekat pada sekretaris. Karena itu penguasaan atas fungsi dan kedudukan sekretaris sangat diharapkan,” paparnya.

Penerapan sistem administrasi kwartir yang baku, juga harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas keseharian kesekretariatan. Sehingga kwartir dapat berjalan dengan dinamis, modern, dan fungsi pelayanan dapat tercapai dengan baik. Kegiatan ini pun baru pertama kali diadakan Kwarda Jambi, dan akan berlanjut dilaskanakan ditahun-tahun yang akan datang.

“Rakor ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menggali, menyimpulkan, danmencari solusi atas persoalan dan hambatan yang ditemui, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sekretariat kwartir cabang dalam jajaran Kwarda Jambi,” tandasnya.

Narsumber kegaiatan yakni unsur pimpinan Kwarda Jambi, Kapusdiklatda Jambi, Ketua Tim Percepatan Pencapaian Pramuka dan Walikota Jambi. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: