Pendampingan Manajemen Usaha Berbasis Teknologi UKM Kerupuk Ikan Oleh Tim Pengabdian Masyarakat FEB UNJA

Pendampingan Manajemen Usaha Berbasis Teknologi UKM Kerupuk Ikan Oleh Tim Pengabdian Masyarakat FEB UNJA

JAMBI. Kerupuk ikan merupakan  salah satu produk khas unggulan  daerah dengan sentra usaha di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Namun perkembangan usaha kerupuk ikan masih terkendala beberapa permasalahan terkait manajemen usaha dan pemanfaatan teknologi.

Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Dana kegiatan ini bersumber dari dana: PNBP Universitas Jambi yang dialokasikan pada LPPM Universitas Jambi tahun anggaran 2019. Kegiatan ini berlangsung di UKM Kerupuk Ikan di Kelurahan Jelmu dan Kampung Tengah Kecamatan Pelayangan Seberang Kota Jambi.

Dosen FEB UNJA yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Dr. Hj. Ade Octavia, S.E, M.M  , Yayuk Sriayudha, S.P., M.M, Fitri Widiastuti, S.E., M.M dan Ade Perdana Siregar S.E., M.M. Kegiatan ini mengusung temaIbM Penerapan Manajemen Usaha dan Teknologi  Tepat Guna Mesin Pengering Pada  Kelompok Usaha Makanan  Olahan Ikan di Kecamatan  Pelayangan Kota Jambi. Mitra dalam kegiatan ini adalah UKM Melati dengan ketua HJ. Maryana dan UKM Sri Rizki  yang diketuai HJ. Syuadah. 

\"\"

Ketua tim dosen FEB Unja, Dr. Ade Octavia, S.E, M.M, menjelaskan permasalahan yang dihadapi oleh mitra saat ini adalah dari sisi aspek manajemen usaha dan pemanfaatan teknologi. Melalui kegiatan ini Tim bekerja sama dengan Ketua Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Jambi Drs. H. Agus Syarif, MBS yang hadir sebagai narasumber pada pelatihan manajemen usaha.

Selain itu tim juga bekerja sama dengan Sujianto pengrajin yang membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa oven pengering listrik  pengganti sinar matahari untuk proses penjemuran kerupuk.Selanjutnya tim memberikan pelatihan bagaimana memperbaiki kemasan produk menggunakan kemasan plastik  tebal dan mendesain label agar tampilan kemasan produk lebih menarik. Produk dengan kemasan dan label menarik akan bisa dipasarkan ke pasar-pasar modern, swalayan hingga ke wilayah diluar kota sebagai oleh-oleh khas Kota Jambi. Mitra juga dapat memanfaatkan media sosial dan memanfaatkan website sebagai media promosi agar produk lebih dikenal luas. Diharapkan dengan kegiatan ini UKM yang ada di Kecamatan Pelayangan akan terus tumbuh dan berkembang sebagi produk unggulan daerah Jambi yang dikenal di masyarakat dalam dan luar negeri. Selanjutnya dapat memperluas akses pasar melalui pemanfaatan TTG, kemasan produk yang menarik dan higienis serta pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran berbasis IT.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: