Tidak Mudah Pasarkan Mobil Esemka

Tidak Mudah Pasarkan Mobil Esemka

JAKARTA - Setelah tujuh tahun memperkenalkan mobil karya anak bangsa, Esemka, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi. Jokowi mengatakan tidak mudah untuk mengembangkan industri otomotif dalam negeri.

\"Masuk pasarnya ini tidak gampang dan tidak mudah. Tetapi kalau kita sebagai sebuah bangsa mau menghargai karya kita sendiri, brand dan prinsipal kita sendiri, ini akan laku,\" ujar Jokowi di Pabrik Mobil Esemka Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, berharap masyarakat mendukung mobil nasional, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

\"Saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat, sudah tes, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor,\" ujar Jokowi.

Jokowi meyakini kehadiran pabrik di Boyolali bakal memiliki efek berantai di belakangnya. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian di kawasan itu.

\"Baik industri menengah, industri kecil sampai industri rumah tangga yang berperan dalam rantai pasokan yang panjang. Sehingga membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya. Bukan hanya pekerja langsung yang dapat manfaat. Tapi multiplier effect yang besar secara umum kepada ekonomi kita, utamanya ekonomi di kabupaten Boyolali akan sangat besar,\" uap Jokowi.

Tak lupa Jokowi memberikan apresiasi kepada PT Solo Manufaktur Kreasi yang berani memproduksi mobil dalam negeri di tengah gempuran merek terkenal dari asing.

\"Sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini saya harus acungi jempol keberanian dari PT Solo Manufaktur Kreasi ini,\" ujar mantan Walikota Solo itu.

Diakui Jokowi, kandungan lokal mobil Esemka belum 100 persen menggunakan konten lokal. Meski demikian, kandungan lokal mendominasi dalam mobil nasional ini.

\"Saya senang bahwa pemasok kompenen-komponen yang ada banyak sekali berasal dari dalam negeri. Artinya, kandungan lokalnya sudah baik. Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 persen, apalagi 100 persen,\" kata dia.

Kesempatan yang sama, Presiden SMK, Eddy Wirajaya berharap kehadiran mobil Esemka ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, sebab pihak Esemka akan menyeleksi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbaik untuk membantu produksi mobil Esemka. Selain itu, mobil Esemka dapat bersaing dengan mereka lainnya yang sudah beredar di Indonesia.

\"Bersama seluruh karyawan Solo Manufaktur Kreasi sangat berbahagia atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak yang pada akhirnya berhasil membagun pabrik dan seluruh fasilitas Esemka,\" ujar Eddy.

Eddy mengatakan selain meresmikan pabrik, SMK juga memperkenalkan model pertama yang diproduksi massal yaitu pikap bernama Bima. Jenis ini ada dua pilihan mesin yaitu 1.200 cc dan 1.300 cc. Nantinya Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

Terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics atau CORE Indonesia, Pieter Abdullah mengatakan, kehadiran mobil Esemka merupakan jawaban impian masyarakat Indonesia untuk memiiki mobil karya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: