>

Sosialisasi Samonas dan Raker Tim Pembina Samsat Semester I Tahun 2019

Sosialisasi Samonas dan Raker Tim Pembina Samsat Semester I Tahun 2019

BERTEMPAT di Abadi Grand, telah dilaksanakan Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samonas) oleh Tim Korlantas Mabes Polri dan Rapat Kerja (Raker) Tim Pembina Samsat Semester I Tahun 2019. Kepala Bakeuda Provinsi Jambi, Agus Pirngadi S.Sos dalam sambutannya mengatakan, kegiatan raker samsat kali ini disandingkan dengan sosialisasi Samonas.

\"Berkaitan dengan tindaklanjut STR Korlantas Polri yang 1 jadwal Provinsi Jambi untuk pelaksanaan Samonas,\" kata Agus kemarin (1/5).

Kegiatan Samonas dimaksud untuk mengetahui operasional dari aplikasi program e-Samsat Nasional yag telah dilakukan MoU di Jakarta dan disaksikan Tim Pembina Samsat seluruh Indonesia termasuk para gubernur.
\"Tujuannya adalah meningkatkan kinerja dibidang kesamsatan untuk peningkatan program kerja ditahun berjalan. Serta melakukan inventarisir permasalahan yang dihadapi di UPTB Samsat Kabupaten/Kota,\" jelasnya.

Menurutnya, solusi permasalahan yang telah terindentifikasi nantinya untuk peningkatan penerimaan pajak daerah dan peningkatan pelayanan publik. Untuk penerimaan PKB hingga (27/4) telah mencapai 34 persen dengan nominal Rp137 miliar lebih, sedangkan BBN KB mencapai 22 persen dengan nominal Rp 83 miliar lebih.
\"Masih belum tercapainya BBN KB karena kami masih menunggu harga jual kendaraan baru yang belum diterbitkan sebagai data penghitungan pajak bagi kami,\" urainya.

Sementara, Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol. Juni SH,MH melalui Kasat PJR, AKBP Heru Efkwanto SIK mengatakan, perkembangan globalisasi dan informasi, menyebabkan tuntutan pelayanan kepada masyarakat semakin tinggi.
\"Sehingga berbasis online untuk memberikan pelayanan cepat, tepat, transparan dan akuntabel. Samonas ini merupakan program prioritas pak Kapolri,\" kata Heru.

Selama ini Korlantas telah melakukan inovasi pelayanan regiden secara cepat, tepat dan transparan. Samonas ini telah dirintis sejak tahun 2017, dan ditahun 2019 mulai dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi.
\"Samsat online ini untuk mempermudah masyarakat melakukan regiden pembayaran pajak kendaraan bermotor. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan pegetahuan bagi kita semua, dan sosialisasi bisa lagi diteruskan kepada masyarakat luas,\" paparnya.

Asisten III Setda Provinsi Jambi, H. Sudirman SH,MH atas nama Tim Pembina Samsat Provinsi Jambi mengatakan, upaya peningkatan PAD bukanlah hal yang mudah dan menjadi tantangan bagi institusi yang diberikan kewenangan untuk pemungutan pajak kendaraan bermotor.
\"Penerimaan PAD dan BBN KB diperlukan kualitas pelayanan publik yang cepat, tepat, transparan dan akuntabel. Melalui e-Samsat dan Samsat Online kami optimis bisa lebih meningkatkan PAD bagi Provinsi Jambi. Maju mundurnya kinerja Samsat tergantung 3 faktor yakni Bakeuda, Dirlantas Polda dan PT. Jasaraharja cabang Jambi. Harus ada teamwork 3 faktor ini,\" tandas Sudirman.

Dalam kegiatan dilakukan pemaparan oleh Ketua Pembina Tim Samonas melalui Kasubdit BPKB Korlantas Polri AKBP Taryadi. Kegiatan dihadiri Kepala PT. Jasaraharja cabang Jambi Eva Yuliasta, SE.,MSc, Kepala Unit Operasional & Humas Danny Firnando, ST, Kasatlantas dan jajaran se-Provinsi Jambi, Kepala UPTB Samsat Kabupaten/Kota dan jajaran, Perbankan mulai dari Bank Jambi, Bank Nasional, Bank Swasta, para Kabid, Kasi dan jajaran Bakeuda Provinsi Jambi.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: