>

Bupati Tanjabbar dan Batanghari, Dilantik Secara Bersamaan

Bupati Tanjabbar dan Batanghari, Dilantik Secara Bersamaan

JAMBI - Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Tanjungjabung Barat dan Batanghari direncanakan pada 26 Februari mendatang. Berlangsung secara virtual di institusi masing-masing.

Pj Gubernur Jambi akan melantik di rumah dinas Gubernur Jambi, sedangkan Bupati/Wakil Bupati bertempat di kabupaten masing-masing. Nantinya undangan yang diperbolehkan hadir dibatasi 25 orang. Mereka yakni Bupati/Wakil Bupati terpilih, keluarga inti, Forkopimda dan petugas acara dengan memperhatikan jaga dan protokol kesehatan ketat.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat mengatakan, dalam surat Kemendagri nomor 131 yang dikeluarkan pada 15 Februari lalu dijelaskan maksimal 25 orang yang bisa berada dalam ruang pelantikan. \"Yang tidak bertugas tak bisa ikut dalam ruangan pelantikan,\" sampainya kepada Jambi Ekspres (23/2).

Rahmad menjelaskan, kini tinggal menunggu SK pengangkatan di Kemendagri yang sedang berproses. Dan untuk kepastian pelantikan Rahmad menyebutkan direncanakan pada 26 Februari. \"Tetapi kita menunggu petunjuk terakhir juga, apa jadi tanggal tersebut, atau bahkan sebelum dan sesudah tanggal tersebut. Walaupun disurat terakhir merujuk tanggal 26 Februari,\" katanya.

Mekanisme pelantikan, Rahmad menyebut, berdasarkan surat Kemendagri dua kepala daerah akan dilantik secara serentak melalui layar monitor Video Conference. \"Sekali jalan pelantikannya, jadi tampilan monitor ada dua kabupaten, dan Pj Gubernur memandu sumpah, nanti untuk berita acara sumpah jabatan dan pakta integritas akan ditandatangin Bupati lalu akan dikirimkan ke Pj Gubernur setelah pelantikan untuk ditandatangani,\" ucapnya.

Persiapan jaringan internet dan perlengkapan pelantikan, Rahmad menyebut sudah dicek kesiapannya. Nantinya juga akan dilakukan gladi resik pada H-3 dan H-1 pelantikan.

Ia mengakui ini merupakan pelantikan pertama secara virtual di Provinsi Jambi. Nantinya untuk Bupati/Wakil Bupati periode 2021 hingga 2024 untuk Kabupaten Tanjungjabung Barat yakni Anwar Sadat- Hairan, sedangkan untuk Batanghari telah ditetapkan Fadhil Arief dan Bahtiar. Pelantikan secara virtual ini dimaksudkan untuk mencegah penularan Covid-19 dimasa pandemi. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: